alexametrics

Memaksimalkan Saluran Irigasi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) membantu masyarakat dengan memaksimalkan fungsi irigasi. Kegiatan yang diadakan di Dusun Gadingan, Desa Bojong, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang ini merupakan bagian dari Program Pengabdian pada Masyarakat Terpadu (PPMT).

Saluran irigasi dimanfaatkan sebagai budidaya pembesaran ikan nila atau mujahir bekerja sama dengan Kelompok Karangtaruna Dusun Gadingan (30/10/2020). Ketua tim PPMT Lutfi Hanif Mustafa menjelaskan inovasi tersebut merupakan upaya pemberdayaaan karangtaruna dalam memanfaatkan aliran irigasi untuk utilitas yang lain. “Di sisi lain agar karangtaruna memiliki pemasukan setiap  3 bulan sekali. Dan memberikan kesadaran bagi masyarakat agar tidak membuang sampah di aliran sungai,”tuturnya.

Kegiatan dimulai dari presentasi pemanfaatan fungsi irigasi yang diciptakan Kurniyadi Purwaning Saputro, Lutfi Hanif Mustafa, dan Rahman Halim Zico Handa. Kesemuanya mahasiswa jurusan Teknik Industri.

Baca juga:  PKK Salatiga Salurkan 213 Paket Sembako

Kemudian pembuatan sekretariat pemuda yang dinamai BUMP (Badan Usaha Milik Pemuda) serta pelatihan marketing untuk pemasaran dan relasi penjualan. Kegiatan dipandu Zella Brimanda Bela Corsanti dan Arsyad Malik Hafiedhun’Aliem mahasiswa jurusan Teknik Informatika. Penasehat karangtaruna Wicak merasa sangat terbantu dengan PPMT mahasiswa tersebut. (*/sct/lis/ima)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya