alexametrics

Ubah Limbah Plastik Jadi Kerajinan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Tim Pengabdian Pada Masyarakat Terpadu (PPMT) Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) didampingi penyuluh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Magelang melaksanakan program pengabdian pemberdayaan kader PKK di Dusun Wonosuko Desa Tegalrejo Kabupaten Magelang. Mereka mewujudkan optimalisasi pemberdayaan kader PKK terhadap peningkatan kerajinan limbah plastik serta dapat meningkatkan ekonomi kreatif berbasis wirausaha dan kearifan ekonomi lokal.

Tim PPMT Unimma terdiri atas dosen Ns Estrin Handayani MAN dan 4 mahasiswa Nufikha Falyauma, Dhian Dwi Hartini, Sulistiyani Purna Sari dan Seno Marijanto. Pendamping dari DLH Kabupaten Magelang adalah Sulastri.

Estrin menjelaskan, kegiatan ini diharapkan mampu memotivasi masyarakat untuk memanfaatkan limbah plastik menjadi produk ekonomi kreatif. Warga di Dusun Wonosuko Desa Tegalrejo diajak belajar dan berlatih membuat kerajinan limbah plastik berupa hiasan rumah, rajut dari limbah plastik, seperti tas, tempat handphone, tempat tumbler minum, connector masker dan tempat tisu. “Kegiatan PPMT ini mewujudkan limbah yang semula tidak berharga menjadi berkah karena pemanfaatan yang lebih terhadap peningkatan kerajinan limbah plastik,” ujarnya. (ima/sct/ton/bas)

Baca juga:  Pelatihan Upgrade Peringkat Sinta

 

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya