alexametrics

Sumarno Adi Subrata Doktor ke-20 Unimma

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) kembali menambah jajaran dosen bergelar doktor. Ns. Sumarno Adi Subrata, M.Kep, PhD, dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) yang berhasil mendapat gelar doktor dalam bidang wound care nursing dari Ramathibodi School of Nursing, Faculty of Medicine Ramathibodi Hospital, Mahidol University, Thailand.

Dalam menempuh studi lanjut, Adi mendapatkan beasiswa penuh (full scholarship) dari LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) Kementerian Keuangan Republik Indonesia melalui Program Doktor Luar Negeri tahun 2016 – 2020. Adi tercatat sebagai doktor ke-20 di UNIMMA.

Disertasinya berjudul “Effects of 3-Month Self- and Family Management Support Programs among Indonesians with Diabetic Foot Ulcers: a Randomized Controlled Trial.” Dalam disertanya Adi menyampaikan ulkus kaki diabetik membutuhkan penanganan yang komprehensif untuk mencegah amputasi. Komprehensif meliputi penanganan klinis di rumah sakit atau klinik dan di rumah pasien.

Baca juga:  Pandemi Covid-19, Stikom Mewisuda 38 Orang

Setelah 3 bulan penelitian, Adi menyimpulkan ada peningkatan yang signifikan tentang kemampuan pasien dan keluarga dalam melakukan perawatan ulkus kaki diabetik di rumah.  Rektor UNIMMA Dr. Suliswiyadi, M.Ag, mengapresiasi pencapaian Adi. “Dengan selesainya studi Pak Adi di Thailand, semoga kembali dengan spirit yang baru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di UNIMMA,” harapnya. (ima/sct/lis/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya