alexametrics

Angkat Potensi Wisata, Gerakkan Ekonomi Warga

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang mendampingi masyarakat Dusun Tiban, Desa Bumirejo, Kecamatan Mungkid. Dusun Tiban memilik potensi wisata air terjun. Pendampingan ini untuk mendorong  masyarakat mengembangkan potensi wisata tersebut. Sehingga berdampak positif untuk perekonomian masyarakat.

Kegiatan program Pengabdian Pada Masyarakat Terpadu (PPMT) ini diketuai Dr. Umi Rachmawati, M. Pd. Beranggotakan 5 mahasiswa. Yaitu Catur Haryono, Nur Aisyah Anggraini, Intan Ragil Nafitri, Hernanda Restu Rusdyantoro, serta Viqie Yudha Pratama.

”Dengan program kerja tersebut, kami berharap potensi wisata air terjun di Dusun Tiban Desa Bumirejo menjadi tempat berjalannya roda ekonomi dan memanfaatkan sumber daya yang ada di sekitar,” tutur Dr Umi Rachmawati, M.Pd.

Baca juga:  PBMT Institute MoU dengan Unissula

Kelompok PPMT mempertemukan desa dan pihak tour guide rafting untuk mengedukasi kelemahan dan kelebihan pariwisata pada air terjun tersebut. Sehingga diperoleh win-win solution. Dan tercipta wisata dengan kearifan lokal yang dapat membantu perekomian khas desa.  Seperti mempromosikan UMKM kerupuk rambak yang menjadi mata pencaharian warga Dusun Tiban di media sosial maupun paket destinasi yang disediakan Paguyuban Rafting Magelang sebagai mitra. (ima/sct/lis/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya