alexametrics

United Tractors Gelar Lomba Teknik Alat Berat

Belasan Sekolah Bersaing Ketat

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Sebanyak 12 sekolah binaan bersaing untuk menjadi yang terbaik dalam ajang Lomba Kompetensi Siswa (LKS) lingkup Sekolah Binaan United Tractors (SOBAT). Lomba yang diselenggarakan PT United Tractors Tbk selama tiga hari (16-18/12) ini, memperebutkan tiga kategori, antara lain kategori praktikum, presentasi dan test tertulis atau knowledge.

Belasan sekolah binaan tersebut merupakan binaan UT Cabang Jakarta yang diwakili oleh SMKN 36 Jakarta, dan SMKN 2 Indramayu. Sedangkan UT Cabang Semarang, diwakili oleh SMKN 1 Semarang, SMK NU Maarif Kudus, SMK Maarif NU 1 Sumpiuh,  SMK Maarif NU 1 Ajibarang, dan SMK Kesuma Margoyoso Pati. UT Cabang Surabaya diwakili oleh SMK N 5 Surabaya, SMK N 6 Malang, SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen Malang, SMK PGRI 2 Ponorogo, dan SMK N 2 Jember.

Baca juga:  Lebihi Target, SHP Semarang Tengah Syukuran

Mereka saling menunjukkan kepiawaiannya dalam practice skill PS500 PC200 unit Komatsu dan measuring, periodical service dan inovasi, serta knowledge, yang meliputi tes tertulis tentang teknik alat berat.

Branch Manager United Tractors Cabang Semarang, Dicky Firmansyah menuturkan kompetisi tersebut untuk memacu semangat siswa menjadi yang terbaik. Terutama dalam teamwork.

“Seperti pada kategori praktikum, pengerjaan praktik periodical service pada unit alat berat excavator komatsu. Bagaimana cara kerja engine component identification, melalui identifikasi nama-nama dan fungsi komponen tersebut. Kemudian tahap service berkala, pada penunjukan nama dan fungsi komponennya,” ungkapnya kepada Jawa Pos Radar Semarang, Senin (16/12) kemarin.

Ketua Program Studi Keahlian Teknik Alat Berat SMKN 1 Semarang, Sentot Cahyono mengapresiasi langkah United Tractors, terutama berkontribusi dalam kurikulum pembelajaran yang dilombakan.

Baca juga:  Unimma Raih Hibah PKKM

“Perlu diapresiasi inisiatif UT dalam menyelenggarakan kompetensi bergengsi ini. UT adalah inisiator perusahaan yang memberi wadah untuk menggali potensi siswa. Kami sangat mendukung pengembangan program keahlian teknik alat berat saat ini,” tuturnya. (avi/sct/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya