alexametrics

FT Untidar Dampingi Pemanfaatan Dana Pemerintah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MUNGKID –  Universitas Tidar melakukan pendampingan masyarakat dalam penyusunan rencana  anggaran biaya (RAB) dana pemerintah untuk infrastruktur pedesaan. Kegiatan dilakukan di dua tempat yaitu Desa Sidomulyo dan Desa Donomulyo, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang Kamis-Jumat (12-13/12).

Pendampingan di dua desa  ini merupakan rangkaian kegiatan pengabdian yang dilakukan mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Tidar Magelang. Dibimbing kelompok dosen dari berbagai keahlian. Yakni Dr. Sudarno, ST, MT  (Ilmu Lingkungan), Arrizka Yanuar Adipradana, ST, M.Eng (Hidro), Dedy Firmansyah, SPd, MT  (Transport), Yusfita Chrisnawati, SPd.T, MT (Transport), dan Fajar Susilowati, ST, MT (Manajemen Konstruksi).

Keterlibatan dosen dari berbagai keahlian ini untuk mengolaborasikan berbagai pengetahuan sehingga mampu mengatasi berbagai masalah yang dihadapi masyarakat. Sudarno sebagai penanggung jawab kegiatan menjelaskan bahwa pendampingan ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun sejak 2017. Untuk membekali masyarakat dengan pengetahuan teknis terkait penyusunan anggaran dan berbagai masalah pajak dalam pelaksanaan pembangunan infrastruktur jalan desa. Agar masyarakat mampu mengelola dana pemerintah secara mandiri.

Baca juga:  Bentuk Koperasi Pemberdayaan Masyarakat

“Harapannya masyarakat memiliki bekal keterampilan sampai pada tahap pelaksanaan dan administrasi proyek. Khususnya pembangunan jalan di wilayah mereka, sehingga dana pemerintah yang diterima dapat dimanfaatkan optimal sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku,”tandasnya. (*/sct/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya