alexametrics

Untag Bekali Lulusan dengan B3

Wisuda ke-80 Diikuti 1.433 Orang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG—Sebanyak 1433 mahasiswa Universitas Tujuh Belas Agustus (Untag) mengikuti wisuda di komplek Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Rabu (30/10). Dengan upacara wisuda ke-80 ini, jumlah alumni Untag mencapai 37.494 yang tersebar di berbagai kota dan provinsi. Mereka telah bekerja di sektor swasta maupun Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Rektor Untag, Prof Dr Drs Supamo M.Si mengatakan bahwa salah satu upaya Untag dalam menghadapi persaingan yang semakin meningkat dengan membekali mahasiswa berupa kompetensi tambahan. Yakni melalui pelatihan soft skills yang diselenggarakan oleh BKK Untag Career yang bekerjasama dengan USAID-RWAP.

“Merupakan badan independen dari Amerika Serikat yang bertanggung jawab atas bantuan di bidang ekonomi, pembangunan dan kemanusiaan untuk negara-negara lain. Pada tahun ini, dilakukan pada Agustus sampai November yang bertujuan membekali mahasiswa agar mampu meningkatkan keterampilan dan sumber daya agar kompetitif di pasar kerja,” katanya.

Baca juga:  Bayer Targetkan Pemberdayaan 500 Ribu Petani

Ditambahkan oleh Suparno, Untag telah menambah tiga guru besar dengan dikukuhkannya Prof Dr Edy Lisdiono SH M.Hum sebagai guru besar bidang ilmu hukum, kemudian Prof Dr Drs Suparno M.Si sebagai guru besar bidang administrasi publik serta Prof Dr Retno Mawarini Sukmariningsih SH M.Hum sebagai guru besar bidang ilmu hukum.

“Ini sebagai wujud dan keseriusan Untag dalam memperbaiki tata kelola perguruan tinggi. Bahkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam penyelenggaraan kuliah yang seringkali diundang para pakar yang kompeten di bidangnya,” imbuhnya.

Selanjutnya rektor mengajak wisudawan untuk menghadapi masa depan dengan penuh optimistis dengan B3 yakni berkarya, berbagi untuk bersama, melalui berpikir cerdas, bekerja keras, bergerak cepat dan bertindak tepat dengan menunjukkan profesionalitas (kompeten, komitmen, ulet, dedikasi, disiplin, humble dan memiliki jiwa gotong royong) untuk meraih kepercayaan masyarakat (public trust).
“Kami berharap para wisudawan dalam berkiprah di masyarakat selalu menjunjung tinggi etika dan moral serta memegang teguh nilai-niiai kejujuran, kebenaran dan keadilan. Ilmu yang diperoleh apabila diamalkan dengan nilai kejujuran, kebenaran dan keadilan serta didasari oleh semangat pengabdian dan gotong royong, niscaya menjadi modal besar untuk membangun Indonesia yang lebih baik lagi,” pungkasnya.

Baca juga:  Wakil Dekan Baru UM Magelang Dilantik

Sedangkan lulusan terbaik di antaranya dari Fakultas Hukum, Tri Hastuti, dr Antonius Sarwono Sandy Agus Sp BTKV FIHA, Henlius Waruwu, dan Damar Lintang Radttyo. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Jati Pramono S.Sos, Ardanti Yulia Wulandari, dan Tri Sarwono. (hid/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya