alexametrics

Cegah Tertipu Berita Hoax Medsos

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MUNGKID – Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Magelang (UM Magelang) bekerja sama dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia dan Google News Initiative and Internews mengadakan workshop Hoax Busting and Digital Hygiene.

Workshop yang dilaksanakan di gedung Rektorat lantai 3 UM Magelang ini menghadirkan dua pemateri, Inggried Dwi Whedaswari dan Agung Purwandono dari media dan trainer Google News Initiative and Internews.

Ketua panitia Dwi Susanti, S.I.Kom., M.A dosen Ilmu Komunikasi UM Magelang mengungkapkan, workshop memberikan pengetahuan kepada mahasiswa agar tidak mudah termakan berita-berita yang tersebar di media.

“Informasi di media sosial itu ada yang hoax dan ada juga yang benar. Dengan ini kita ingin memberikan kesadaran kepada mahasiswa untuk mengetahui informasi tersebut secara terperinci, apakah informasi itu benar atau tidak,” ungkapnya.

Baca juga:  Leprid Catat Wanita Pertama Jadi Dekan Olahraga Unnes

Inggried Dwi Whedaswari memberikan tips agar mahasiswa tidak mudah percaya pada informasi yang beredar di media sosial. “Pertama, kita harus tahu bagaimana konteks pada berita tersebut dan jangan mudah percaya. Kedua, verifikasi berita itu. Apakah foto beserta artikel yang beredar dalam media tersebut asli atau hasil editan,” ujarnya. (vie/sct/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya