Siap Hadapi Revolusi Industri 4.0

503
KUNJUNGAN INDUSTRI : Sebanyak 71 siswa kelas X Kompetensi Farmasi SMK Citra Medika berkunjung ke PT Sido Muncul di Semarang. (Dok SMK Citra Medika Kota Magelang)
KUNJUNGAN INDUSTRI : Sebanyak 71 siswa kelas X Kompetensi Farmasi SMK Citra Medika berkunjung ke PT Sido Muncul di Semarang. (Dok SMK Citra Medika Kota Magelang)

RADARSEMARANG.ID, MAGELANG – SMK Citra Medika Kota Magelang siapkan siswanya mampu menghadapi tantangan revolusi industri 4.0. Pihak sekolah tidak hanya membekali pembelajaran yang bersifat akademis saja, namun juga praktik lapangan serta kegiatan yang membuka wawasan.

Kamis (10/10) lalu, pihak sekolah mengajak 71 siswa kelas X Kompetensi Farmasi berkunjung ke PT Sido Muncul dan PT Herborist di Semarang. Di sana mereka mendapatkan kesempatan untuk melihat langsung proses produksi.

Kepala SMK Citra Medika Kota Magelang Hendratno Widhiatmanto mengatakan, kegiatan tersebut merupakan program kunjungan industri. Melalui kegiatan ini, ia berharap siswa mendapat pengalaman yang mengesankan dan menambah wawasan terhadap dunia industri yang sebenarnya. “Sehingga mereka bisa tahu, apa saja yang perlu mereka persiapan dari sekarang agar bisa diterima di dunia kerja nanti,” ujarnya, kemarin.

Selama di sana, kata dia, siswa melihat langsung produk-produk inovatif yang bisa diimplementasikan di sekolah. Hal ini selaras dengan fungsi pengembangan teaching factory (tefa) yang dimiliki sekolah. “Tiap angkatan kami dorong untuk membuat produk farmasi. Sekarang sudah ada permen susu, sirup rosela, dan sebagainya,” sebutnya.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas dan Hubungan Industri, Sri Nuryanto menambahkan, setelah kegiatan ini, ia meminta siswa membuat laporan kegiatan yang akan masuk dalam penilaian. (put/sct/ton )