alexametrics

Kembangkan Ekonomi Kreatif di Gemawang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, UNGARAN – Sebanyak 30 mahasiswa dari 5 fakultas di Universitas Diponegoro (Undip) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Gemawang, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang selama pertengahan Juli hingga akhir Agustus 2019. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan kegiatan ekonomi kreatif yang ada di desa tersebut. Desa Gemawang telah dikenal sebagai desa vokasi dan memiliki UKM yang memproduksi batik, aksesoris berbahan kain, mainan edukatif, serta olahan kuliner.

Rangkaian kegiatan KKN Tematik Undip tersebut dipimpin oleh koordinator dosen pembimbing lapangan Dra Ana Irhandayaningsih MSi dan mendapat dukungan pendanaan dari Kemenristek Dikti. Pada acara pelepasan, Ana berpesan kepada mahasiswa Tim KKN Tematik Undip untuk menerapkan inovasi yang tepat guna bagi pelaku ekonomi kreatif di Desa Gemawang.

Baca juga:  Komitmen Rekrutmen Clear and Clean

Ketua Tim KKN Tematik Undip di Desa Gemawang Reyhan Fadhil menjelaskan, program kerja di antaranya penerapan alat canting listrik dan alat pengeringan pewarna alami. Alat canting listrik yang diterapkan memiliki chip prosesor di dalamnya sehingga menghasilkan suhu yang optimal untuk proses nyanthing.

Salah satu pengrajin batik, Fauzi mengungkapkan, proses nyanthing batik menjadi lebih cepat jika dilakukan dengan alat ini. Sementara di lokasi UKM batik Laweng Ageng milik Ny Fauziah, tim KKN Tematik Undip menerapkan alat pengering kulit kayu mahoni. Kayu mahoni merupakan bahan utama pewarna kain batik Laweng Ageng. Fauziah merasa sangat terbantu dengan penerapan alat ini, terutama dalam menjalankan produksi pewarna alami saat musim hujan.

Baca juga:  Mahasiswa KKN Upgris Kembangkan Budidamber

Tim KKN Undip juga melakukan kegiatan yang bersifat penguatan manajemen. Kegiatan tersebut dilakukan melalui pelatihan dan pemasaran online, pembukuan usaha, perkreditan, dan pendampingan legalisasi usaha. Pada aspek pengolahan limbah, Tim KKN Undip juga memperkenalkan teknologi untuk mengolah limbah batik.

Pada acara pelepasan, Kepala Desa Gemawang Mahmudi memberi apresiasi kepada tim KKN Tematik Undip terutama sumbangsihnya terkait pengetahuan dan peralatan yang dapat menunjang ekonomi kreatif di Desa Gemawang. (tri/bis/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya