alexametrics

Target Hasilkan Produk Unggulan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, TEMANGGUNG – Universitas Muhammadiyah Magelang mengadakan pelatihan Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PPPUD) yang diselenggarakan minggu lalu di Kabupaten Temanggung. Pelatihan diberikan kepada anggota UKM Kopi Garuda dan UKM Kopi Palatiga yang berada di dua kecamatan di Kabupaten Temanggung.

PPPUD kopi robusta lokal Kabupaten Temanggung dilaksanakan melalui sinergi antara tim Universitas Muhammadiyah Magelang dengan pembiayaan DRPM Kemenristekdikti. Sehingga terbentuk pola hubungan A-B-G (akademisi-business sector- government).
Adapun tim diketuai Muji Setiyo S.T, M.T (bidang keahlian teknik mesin) dengan anggota Heni Lutfiyati, S.Si, M.Sc, Apt (keahlian farmasi bahan alam) dan Chrisna Bagus Edhita Praja, SH, MH (keahlian HKI serta hukum dagang).

Baca juga:  Cegah Tertipu Berita Hoax Medsos

Materi yang diberikan mengenai standar higienitas, sanitasi produk olahan kopi dan manajemen pemasaran. Kemudian persyaratan dan cara pengurusan izin edar produk olahan kopi. Selain itu pentingnya label merk produk olahan kopi.
Program ini dilaksanakan selama tiga tahun, dengan fokus kegiatan pada pendampingan dan pengembangan terhadap aspek produksi, proses, produk, manajemen, pemasaran, dan finansial. Target pada tahun pertama adalah perbaikan proses dan manajemen produksi.

“Sedangkan tahun kedua untuk peningkatan kualitas manajemen dan pemasaran. Dan tahun ketiga peningkatan nilai aset dan omset kedua UKM,” tutur Muji Setiyo.

Lanjut Muji, program bertujuan peningkatan daya saing UKM, kualitas manajemen UKM, kesejahteraan masyarakat. Serta meningkatkan nilai aset dan omset UKM. ”Pada akhir tahun ketiga program ini diharapkan mampu menghasilkan produk kopi unggulan Kabupaten Temanggung dengan pemasaran skala nasional,”tandasnya. (ima/sct/lis)

Baca juga:  Manfaatkan Teknologi Beton untuk Infrastruktur Perdesaan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya