Basarnas Petakan Jalur Mudik 2017

1124

BATANG – Badan SAR Nasional (Basarnas) bersama Jajaran Kepolisian Republik Indonesia, mengadakan pantauan udara dan darat secara langsung di beberapa titik tol Semarang-Batang. Hal tersebut dilakukan untuk memetakan titik-titik kerawanan lalu lintas. Salah satunya yang menjadi sorotan di pintu keluar depan Polsek Gringsing yang merupakan jalur padat dan banyak persimpangan.

Kedatangan tim Basarnar menggunakan helikopter warna orange tersebut, tak pelak menjadi tontonan warga yang penasaran. Setelah dianggap aman dan diberi izin, warga beramai-ramai mendekat dan selfie di dekat helikopter.

Marsekal Utama Wahyu AD dari Basarnas Pusat didampingi Kepala Kantor Basarnas Jawa Tengah Agus mengatakan, kegiatan ini adalah awal dari persiapan jalur mudik dan balik mendatang. “Tujuan kedatangan kami memang untuk memetakan jalur mudik dan balik, terutama di ruas tol baru Semarang-Batang. Saat ini kami baru melakukan cek spot dan memetakan jalur yang dianggap rawan,” ucap Wahyu, saat ditemui di pintu keluar tol Gringsing bersama tim serta perwakilan dari PT Waskita.

Ditambahkan, pihaknya nanti akan berkoordinasi dengan Pemda setempat, Kepolisian serta TNI, guna mempersiapkan jalur mudik dan balik sehingga pemudik merasa aman dan nyaman. “Yang jelas kami tidak bekerja sendiri, untuk menekan angka kecelakaan seminimal mungkin. Kami akan bekerjasama dengan Pemda setempat, Polisi dan TNI,” katanya.

Sementara Kapolsek Gringsing AKP Sugiyanto menambahkan, saat arus mudik nanti salah satu titik keramaian ada di Gringsing karena merupakan pintu keluar Tol. “Tepat di titik keluar pintu tol sekarang, ada 3 persimpangan lain. Baik arus pantura, maupun dari warga. Sehingga dipastikan akan sangat padat dan akan ada antrean kendaraan nantinya,” jelas mantan Kasatlantas Polres Pekalongan Kota ini.

Dijelaskan lagi, untuk ruas Tol Semarang-Batang yang melewati wilayah Kecamatan Gringsing kurang lebih 11 KM. Saat ini, jalan masih berupa beton sementara (Cor LC) selebar 7 meter dan belum ada lampu penerangan.