alexametrics

Mau Kritik dan Puji Layanan OPD, Klik SKM

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pekalongan – Pemerintah Kota Pekalongan membuka kanal komunikasi bagi masyarakat yang ingin memberikan kritik, saran, tanggapan, maupun pujian, terkait layanan publik melalui kanal Survei Kepuasan Masyarakat (SKM).

“Ini juga untuk memudahkan dalam pengolahan data,” jelas Kepala Bidang Aplikasi dan Persandian Dinkominfo Kota Pekalongan, Kusuma Adi Achmad, melalui Pranata Komputer Muda Rakhmawati Rabu (6/7).

Aplikasi besutan Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) tersebut tersebut juga untuk memfasilitasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mengumpulkan data. Sebelumnya (pengumpulan data) dilakukan secara manual melalui kuesioner maupun jejak pendapat dan lainnya. Kini bisa dilakukan secara digital. Sebab, jika membuat data manual itu agak sulit mengolahnya.

“Dari keluhan ini, kami berinisatif mengembangkan aplikasi untuk memudahkan rekap, indeksnya juga langsung ketahuan berapa,” terangnya.

Baca juga:  Pandemi, Indosat Ooredoo Catat Pertumbuhan Positif

Rakhmawati menambahkan, aplikasi SKM mulai 6-7 Juli masih dalam tahap uji coba. Masyarakat umum bisa mengakses mulai Jumat (9/7). Dapat diakses melalui smartphone maupun personal computer.

Pengguna layanan dapat memilih unit pelayanan publik. Pengunjung laman dapat mengisi data diri sebagai responden, kemudian pengguna diarahkan untuk memberikan pendapat tentang pelayanan.

Ia berharap aplikasi SKM ini dapat digunakan dengan baik dan lancar. Sehingga masyarakat merasa hak-haknya dapat terpenuhi. Jika ada masukan atau saran itu menjadi masukan untuk penyedia layanan masyarakat sehingga ke depan menjadi lebih baik.

“Dengan mendapat data dari masyarakat ini, semoga memudahkan OPD dalam meningkatkan pelayanan,” tandasnya. (han/zal)

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya