alexametrics

Fraksi-Fraksi Sampaikan Pandangan Pertanggungjawaban APBD 2021

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Batang – Fraksi-Fraksi partai politik anggota DPRD Kabupaten Batang sampaikan pemandangan umum terkait pertanggungjawaban APBD 2021, Kamis (23/6). Enam dari tujuh fraksi itu membacakannya secara langsung. Sementara fraksi PPP memilih menyerahkannya secara langsung.

Rapat Paripurna itu dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Batang Maulana Yusup dam dihadiri Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki beserta unsur Forkopimda. Yusup menyampaikan, rapat tersebut dihadiri 31 anggota 45 anggota dewan.

“Penjelasan dan informasi yang disampaikan oleh Pj Bupati menjadi bahan telaah dan pencermatan bagi fraksi. Fraksi menyuarakan sikap dan kebijakan politiknya atas pelaksanaan APBD Kabupaten Batang tahun 2021,” ucapnya.

Ia menjelaskan, pokok-pokok pembahasan diantaranya pendapatan daerah yang ditetapkan dalam Perubahan APBD 2021 sebesar Rp 1,7 triliun dan realisasinya sebesar Rp 1,8 triliun. Nilainya melebihi target yaitu 103,62 persen. Target yang terlampaui mencapai Rp 63,7 miliar.

Baca juga:  Pandemi Mereda, Ekonomi Meningkat

Selain itu, serapan anggaran tidak mencapai 100 persen. Anggaran Belanja dan Transfer dalam penetapan perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun anggaran 2021 sebesar Rp 1,9 triliun. Sementara realisasinya sebesar Rp 1,78 triliun atau 92,53 persen. Sehingga anggaran yang tidak terserap sebesar Rp 143,6 miliar atau 7,47 persen.

Beberapa fraksi menyoroti penyampaian data atau angka yang disampaikan kurang terperinci. Terkait jenis-jenis laporannya apa saja. Ke depan, eksekutif harus mengoptimalkan lagi anggaran yang ada untuk pembangunan.

“Bagaimana korelasi pencapaian realiasi APBD tahun 2021 terhadap kondisi ekonomi masyarakat, mengingat pengurangan angka kemiskinan belum mencapai target yang direncanakan? Bagaimana pemanfaatan SILPA tahun anggaran 2021?,” ujar Zaenudin saat menyampaikan pandangan Fraksi PDI-P.

Baca juga:  Weekend Streaming Drakor? #KenapaNggak

Menanggapi penyampaian pertanggungjawaban APBD 2021, juru bicara Fraksi PKB, Rohmatun menyampaikan jika pihaknya mendorong Pemda. Agar memaksimalkan pendapatan daerah.

“Mengingat sekarang di Kabupaten Batang ada Pembangunan Kawasan Industri Terpadu (KITB) yang juga diharapkan dapat memberikan lapangan pekerjaan serta  kesejahteraan Masyarakat dan Pendapatan Daerah,” terangnya. (yan/svc/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya