alexametrics

Borobudur Marathon Mampu Gerakkan Perekonomian

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Gelaran Borobudur Marathon 2022 powered by Bank Jateng, kembali digelar November mendatang. Event akbar ini sendiri, diharapkan bisa menjadi daya ungkit bagi perekonomian Jawa Tengah dan masyarakat sekitar.

Sebagai informasi, Elite Race akan digelar pada 12 November 2022 dengan jumlah peserta sebanyak 55 atlet yang akan berlaga di rute marathon 42.195 kilometer.

Borobudur Marathon Young Talent akan digelar pada 12 November 2022 yang diikuti atlet muda dengan cut off time terbaik untuk berkompetisi dalam kategori 10 kilometer.

Sedangkan, Bank Jateng Tilik Candi akan digelar 13 November 2022 yang akan diikuti para pelari yang berlomba di rute half marathon 21.097 kilometer.

Baca juga:  Terapi Rutin, Anak Mulai Bisa Berjalan

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mendukung penyelenggaraan event Borobudur Marathon 2022 powered by Bank Jateng tersebut. Event lari bergengsi ini sedianya bakal digelar pada 12-13 November mendatang dengan mengusung tema “Stronger to Victory”.

“Event ini Menjadi ruang bagi para atlet lari untuk bisa berkompetisi dengan kelas Internasional,” katanya saat konferensi pers di Lobi Bank Jateng, Minggu (22/5) malam.

Ganjar menjelaskan, gelaran bergengsi tersebut juga memberikan ruang bagi daerah wisata untuk mengembangkan sport tourism dan menggandeng UMKM dari masyarakat sekitar.

“Kita harapkan ini menjadi trigger kebangkitan kita dalam sisi ekonomi sehingga orang akan datang. Ekonomi berkembang dan ini menjadi bagian dari healing kita,” jelasnya.

Baca juga:  Semarakkan Hari Pelanggan Nasional, Sharp Siapkan Harga Istimewa

Ganjar mengatakan Borobudur Maraton menjadi event maraton yang masih terus berlangsung ketika hampir semua event maraton tertidur karena pandemi. Ia pun berharap pada tahun ini, event tersebut bisa menyedot animo masyarakat.

“Apalagi saat ini  situasi jauh lebih baik. Sekarang kita launching dan mudah-mudahan nanti perserta yang dulu ingin ikut dan belum dapat, ya hari ini kuantitasnya bertambah,” tambahnya.

Ganjar menargetkan sebanyak 5 ribu pelari bisa tercapai tingginya antusiasme masyarakat. Namun ia tetap akan melihat perkembangan angka Covid-19 ke depannya”Nah,saat ini kita launching. Dugaan saya setelah ini dibuka ini akan langsung mungkin beberapa jam atau beberapa hari bisa sold out,” ungkapnya.

Sementara itu Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno menjelaskan jika  Borobudur Marathon 2022 powered by Bank Jateng berupaya mengangkat UMKM di sekitar kawasan wisata Candi Borobudur melalui konsep Pawone.

Baca juga:  Masker Bagian dari Pakaian yang Wajib Dikenakan

Selain peserta UMKM kuliner, event ini juga akan menampilkan UMKM bidang kerajinan tangan. Sebelumnya pihaknya akan melakukan kurasi produk UMKM yang akan ditampilkan.

“Event ini bisa mendukung pemulihan ekonomi. Nanti akan kita kurasi pelaku UMKM nya,” tambahan. (den/svc/bas)

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya