alexametrics

Tim Pengabdi Unnes Gelar Pelatihan Menulis Artikel Ilmiah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, BLORA—Sejalan dengan program Merdeka Belajar dan realisasi Tridharma Perguruan Tinggi, Tim Pengabdi Universitas Negeri Semarang (Unnes) menggelar Pelatihan Menulis Artikel Ilmiah bagi Guru SD Gugus Sindoro Kabupaten Blora.

Pelatihan secara luring (di luar jaringan) dihelat dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes), Sabtu (7/5) lalu.

Sedangkan pembukaan kegiatan ini dilakukan oleh Ketua LP3 Unnes Dr Ngabiyanto MSi secara daring pada 16 April 2022 lalu setelah pretest untuk peserta. Pelatihan diikuti 55 guru dan kepala SD di Kabupaten Blora.

Pretest, pembukaan, pembekalan materi, dan tugas terstruktur Pelatihan Menulis Artikel telah terlaksana secara daring pada pertengahan April lalu.

Ketua Tim pengabdi Unnes Dr Panca Dewi Purwati MPd mengatakan, artikel ilmiah sangat penting bagi guru sebagai realisasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Teks ilmiah ini sangat penting untuk memenuhi syarat Kenaikan Pangkat Guru.

Baca juga:  Bank bjb Peringkat Pertama Kategori Bank Go Public

“Berdasarkan angket, umumnya guru SD Sindoro merasa kesulitan dalam menulis artikel ilmiah,” kata Panca didampingi anggota pengabdi lainnya, Siti Maryatul Kiptiyah SPd SSi MPd dan Rasdi SPd MH.

Dalam pelatihan itu, lanjut dia, peserta pelatihan sangat antusias, baik saat daring maupun luring. Utamanya, pada sesi presentasi penyajian draf artikel ilmiah.

Tanya jawab sebagai puncak acara pelatihan berlangsung cukup seru. Pertanyaan peserta sangat beragam. Ada yang menyoal rumitnya merumuskan judul artikel ilmiah. Ada pula yang merasa sulit menuliskan kutipan dan daftar pustaka.

“Secara umum peserta belum terbiasa menulis berdasarkan template,” ujar Ketua Koordinator Wilayah Kabupaten Blora Drs Parlan.

Panca sebagai narasumber berusaha memberikan penjelasan dengan baik. Dan sebagai penguatan, Tim Pengabdi Unnes dari awal sudah mempersiapkan bahan literasi sebagai penerapan model CIRC atau Cooperative Integrative Reading and Composition.

Baca juga:  RSUD Bendan Tambah Tujuh Ruang Isolasi

“Ada e-modul. Ada template jurnal dari Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, juga tautan link Jurnal Profesi Keguruan (JPK) yang dikelola oleh PL3 Unnes, yang cukup akrab bagi guru-guru Jawa Tengah,” katanya.

Panca berharap pelatihan tersebut bisa memberikan satu jalan keluar untuk para guru di Gugus Sindoro Blora menghasilkan publikasi ilmiah melalui jurnal ilmiah. (aro/svc/ap)

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya