alexametrics

DPRD Dorong Upaya Pemulihan Ekonomi dari Pandemi Secara Terukur

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Batang – DPRD Kabupaten Batang mendorong Pemerintah Daerah untuk melakukan pemulihan ekonomi dari pandemi covid secara terukur. Hal itu utarakan dalam penyampaian tanggapan DPRD terhadap Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) akhir tahun anggaran 2021.

Ada beberapa poin yang disampaikan, salah satunya terkait pemulihan ekonomi pasca pandemi covid-19. Sekretaris DPRD Kabupaten Batang, Bambang Suryantoro Sudibyo menjelaskan, terkait dengan capaian makro ekonomi dan hasil pembangunan sosial.

Rekomendasi dari DPRD Kabupaten Batang adalah pemerintah daerah harus segera mengidentifikasi sub sektor perekonomian mana saja yang masih terkontraksi atau tumbuh negatif. Serta yang sudah normal kembali atau tumbuh positif oleh pandemi covid.

“Kategori sub sektor terdampak tersebut penting untuk diidentifikasi agar kebijakan ekonomi Pemda tahun 2022 dan 2023 lebih tepat sasaran. Atau efektif dalam percepatan pemulihan ekonomi Batang,” ujarnya membacakan nota bertandatangan Ketua DPRD Kabupaten Batang, Maulana Yusup dalam rapat Paripurna, Senin (11/4).

Baca juga:  Batang Kekurangan Dokter Hewan

Rapat tersebut dihadiri oleh 33 dari 45 anggota dewan. Wakil Ketua DPRD Kabupaten Batang, Nur Untung Slamet memimpin rapat yang dihadiri oleh Wakil Bupati Batang Suyono dan para pimpinan OPD terkait. Selanjutnya, Bambang menambahkan, hasil identifikasi sektor-sektor itu menjadi dasar kebijakan memulihkan ekonomi.

Selanjutnya, upaya pemulihan ekonomi dilakukan melalui disertifikasi ekonomi agar mengakselerasi pertumbuhan sektor yang terkena dampak besar covid. Juga mendorong sektor lain yang berpotensi tumbuh lebih cepat.

“Percepatan vaksinasi dan perluasan bantuan sosial terutama untuk masyarakat yang belum sepenuhnya kembali bekerja dan mengalami penurunan pendapatan dalam upaya menjaga daya beli masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, pemulihan sektor pariwisata menjadi sektor unggulan di Kabupaten Batang. Pemda perlu fokus menarik kunjungan wisatawan domestik. Serta pengembangan wisata yang adaptif terhadap pandemi covid.

Baca juga:  SMPN 1 Weleri Terima Hadiah XPander



“Tindak lanjut dari rapat paripurna 29 maret 2022, kali ini kami memberikan catatan dan rekomendasi untuk penyempurnaannya. Panitia khusus telah dibentuk membahas LKPJ Kabupaten Batang untuk memberikan penilaian, pendapat yang objektif dan proporsional terhadap kepala daerah,” timpal Untung.

Wakil Bupati Batang Suyono menyampaikan rasa terima kasih pada seluruh jajaran pimpinan dan anggota dewan. Karena telah menyelesaikan pembahasan LKPJ Bupati Batang tahun 2021 dengan lancar, sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.
“Kami bersatu jajaran eksekutif akan menindaklanjuti hasil rekomendasi dari DPRD Kabupaten Batang yang telah dibahas melalui Pansus I dan Pansus II. (yan/svc/bas)

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya