alexametrics

Respons Era Digital, Luncurkan Aplikasi Si Topan

HUT PUDAM Tirto Panguripan Kendal Ke-36 Bertransformasi ke Layanan Digital

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengapresiasi Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PUDAM) Tirto Panguripan dalam merespon keluhan dan tantangan masyarakat berbasis aplikasi digital. Aplikasi yang dimaksud adalah Si Topan. Aplikasi berbasis android yang dapat diakses melalui telepon seluler. Aplikasi ini melayani berbagai macam layanan di PUDAM Tirto Panguripan.

Diantaranya mengecek tagihan meteran air setiap bulan, layanan aduan masyarakat perihal kendala air, mengajukan permohonan sambungan baru dan sebagainya.  Dengan aplikasi ini, tentu bisa merespon cepat keluhan dan keinginan masyarakat.

Dico menilai langkah ini merupakan bentuk respon positif yang akan perkembangan dan tuntutan di zaman serba digital. Sehingga layanan dan keluhan warga bisa direspon secara cepat dan tepat.  “Dengan aplikasi Si Topan diharapkan para pelanggan termanjakan dengan sistem digitalisasi. Jadi tidak perlu repot datang ke kantor jika ada sambungan air yang bermasalah. Cukup laporkan melalui aplikasi,” katanya.

Layanan digital seperti ini harus bisa dikembangkan PUDAM Tirto Panguripan maupun Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang membidangi pelayanan masyarakat. Sehingga masyarakat dapat dengan mudah mengakses informasi. “Harapan saya, aplikasi ini berfungsi dengan maksimal sehingga bisa memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” ujar Dico.

Baca juga:  Bupati Kendal Raih Penghargaan Posbindu dari Kemenkes

Aplikasi Si Topan resmi diluncurkan saat Hari Ulang Tahun (HUT) PUDAM Tirto Panguripan oleh Bupati Kendal. Direktur Utama PUDAM Tirto Panguripan, Sunanto ST, MM mengatakan Si Topan merupakan singkatan dari Aplikasi Tirto Panguripan. Aplikasi ini dirancang khusus untuk merespon kebutuhan masyarakat yang serba ingin cepat di era digital. “Saat aplikasi sedang dalam proses pendaftaran di PlayStore. Kedepan akan kami kembangkan versi Apple Inc. Sehingga para pengguna HP berbasis IOS bisa mengunduh dan menginstal di HP nya masing-masing,” tambahnya.

Aplikasi dibuat untuk mempermudah pelayanan kepada pelanggan. Jadi pelanggan termanjakan dengan kemudahan pelayanan. “Tidak perlu lagi datang ke kantor. Cukup dari rumah semua sudah terlayani,” ujar Sunanto.

Baca juga:  Kampung Ragam Warna jadi Inspirasi

Inovasi ini bentuk pelayanan prima kepada pelanggan Perumda Air Minum Tirto Panguripan. “Pelanggan sambil tidur, nyantai di rumah bisa membayar tagihan bisa melakukan pengecekan penggunaan dan masih banyak lagi,” imbuhnya.

Selain itu PUDAM Tirto Panguripan terus berupaya menjangkau dan memperluas jaringan air ke masyarakat. Sejauh ini hampir mencapai 90 ribu sambungan. Sunanto berharap dengan peluncuran aplikasi ini, PUDAM bisa selangkah lebih maju, apalagi tema yang diusung adalah menuju transformasi digital.

Tanam 1.036 Pohon dan Berhasil Raih 1.077 Sambungan Baru

HUT PUDAM Tirto Panguripan Ke-36 tahun ini dilakukan secara sederhana. Tidak ada selebrasi besar-besaran. Dikarenakan masih dalam kondisi Pandemi Covid-19. Terlebih Kendal masih berada di PPKM Level 3.

Direktur Utama (Dirut) PUDAM Tirto Panguripan Sunanto ST, MM mengatakan sebagai wujud syukur hari jadi ke 36 tahun, berbagai kegiatan dihelat. Diantaranya pemberian potongan harga pemasangan sambungan rumah baru. Yakni dimulai 2-21 Februari 2022.  “Alhamdulillah, selama periode pemberian potongan harga ini, kami mendapatkan sekitar 1.077 sambungan baru. Program ini tentunya dapat mendongkrak jumlah pelanggan yang ada di PUDAM Tirto Panguripan,” akunya.

Baca juga:  PLN Gelar Bhakti PDKB

Selain itu, panitia HUT PDAM Tirto Panguripan juga menggelar berbagai lomba antar pegawai. Seperti lomba tenis meja, karaoke, memasukkan pensil dalam botol dan sebagainya. “Tujuannya sebagai hiburan dan mengakrabkan serta memotivasi antar karyawan,” ujarnya.

PUDAM Tirto Panguripan juga menggelar bakti sosial kepada masyarakat. Diantaranya penanaman pohon untuk masyarakat di Gunung Prau, di Desa Tlogopayung, Kecamatan Plantungan.  “Total ada 1.036 bibit pohon kayu dan buah-buahan kami tanam bersama warga setempat,”  jelasnya.

Selain itu, dilakukan pemberian santunan kepada anak-anak yatim piatu dan yayasan yatim piatu di Kendal. “Kami juga menggelar senam bersama dan launching aplikasi Si-Topan bersama Bupati dan Forkopimda Kendal,”  tambahnya.  (adv/bud/fth)

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya