alexametrics

Bupati Dico Terima Penghargaan Baznas Award 2022

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal – Bupati Kendal Dico Mahtado Ganinduto menerima penghargaan dari Baznas Award 2022. Dalam kategori Bupati Pendukung Gerakan Zakat Indonesia. Penghargaan itu diberikan lantaran Dico aktif mendukung Baznas sebagai lembaga untuk mensejahterakan umat.

Hal itu terbukti, selama ini Baznas Kendal selalu menunjukkan kiprahnya untuk membantu warga miskin dengan berbagai program. Salah satunya peningkatan perekonomian. Yakni dengan bantuan modal dan gerobak Baznas. Baznas juga aktif membantu warga yang terkena musibah dan bencana alam.

Baznas juga sering menyantuni anak-anak yatim, memberikan bantuan siswa dan santri serta pondok pesantren. Selain itu membantu pembangunan masjid di seluruh wilayah Kendal. Serta banyak kegiatan sosial lainnya. Kesuksesan Baznas tersebut lantaran didukung penuh oleh Bupati Kendal, Dico Mahtado Ganinduto,

Penerimaan Baznas Award 2022 diselenggarakan di The Sultan Hotel & Ballroom Jakarta. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka HUT Baznas ke-21 dengan tema “Menjadi Lembaga Utama Mensejahterakan Umat.” Selain Bupati Dico, ada 9 Bupati lain yang menerima penghargaan tersebut se-Indonesia.

Baca juga:  Satgas TMMD Gelar Yustisi Prokes

Adapun standar penilaian dalam memberikan award tersebut menggunakan Indeks Zakat Nasional (IZN) dan juga penilaian kuantitatif dan kualitatif. Sementara indikator yang dinilai adalah seberapa besar dukungan kepala daerah dari aspek regulasi, pendanaan dari APBD dan sarana prasarana kepada Baznas Kabupaten Kendal.

Selama tahun 2021, Bupati Dico bersama Baznas menyalurkan total Rp 7,8 Miliar melalui 40 kegiatan penyaluran. Kegiatan tersebut terdiri dari pendistribusian zakat untuk orang tua miskin dan GTT/PTT se-Kabupaten Kendal, zakat untuk takmir masjid disetiap safari sholat jumat, pembangunan rumah layak huni,  korban kebakaran, dan bantuan produktif untuk para peternak kambing serta bantuan gerobak.

Alhamdulillah, penghargaan ini saya terima sebagai bentuk pengingat saya untuk terus memberikan dukungan terbaik saya dalam menyalurkan amal zakat ASN dan masyarakat Kendal,” kata Bupati Dico.

Baca juga:  Bupati Dico Raih Penghargaan Top Pembina BUMD 2021

Orang nomor satu di Kendal ini meminta Baznas Kendal terus mendorong bantuan dapat memiliki nilai produktif dan tepat sasaran kepada masyarakat. “Sehingga bantuan yang diberikan memiliki asas kemanfaatan secara berkelanjutan,” tambahnya.

Ketua Baznas Kendal Syamsul Huda berterima kasih atas dukungan yang diberikan Bupati Kendal untuk kemajuan Baznas Kendal. “Apresiasi Baznas Award menjadi motivasi kami bersama Bupati untuk terus berbenah agar bisa mensejahterakan umat,” tambahnya.

Tahun 2022, pihaknya menargetkan bisa mengumpulkan Zakat Infak Sedekah (ZIS) sebesar Rp 13 miliar. Target tersebut ia meyakini bisa tercapai. Sebab tahun 2021, Baznas Kendal telah berhasil mengumpulkan Rp 9,7 miliar.

Saat ini pemasukan ZIS utama Baznas Kendal banyak di support dari ASN Kendal. Ke depan ia akan menggandeng perusahaan swasta, BUMD dan BUMN yang ada di Kendal untuk bersama-sama membesarkan Baznas Kendal.

Baca juga:  Belajar Bahasa Jawa Ngoko-Krama melalui Bernyanyi

Selain itu, akan masuk ke semua masjid desa dan balai desa di Kendal. Yakni dengan menjadikan masjid sebagai dan Balai Desa sebagai Unit Pengumpul Zakat Infak dan Sedekah (UPZIS) Baznas Kendal.  Di Kendal ini 972 masjid dan 286 balai desa maupun kelurahan.

“Para takmir dan perangkat desa akan kami masukkan dalam Upzis Baznas Kendal. dengan imbal balik tentu saja kami siap untuk mendistribusikan untuk seluruh masyarakat Kendal maupun masjid dan desa setempat,” tambahnya. (adv/bud/fth)

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya