alexametrics

Tembang Jiwa Terima Bantuan Kemensos

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Ungaran – Kemajuan teknologi sangat berpengaruh pada eksistensi para seniman dalam berkarya dan mempublikasikan untuk khalayak. Keadaan untuk menyesuaikan agar tetap eksis dan karyanya dapat diakses secara mudah masyarakat. Baik dalam bentuk pertunjukan secara offline maupun online.

Meski dalam kondisi pandemi, para seniman terus berusaha untuk dapat menampilkan ekstensi terbaik. Tembang Jiwa Kabupaten Semarang sebagai lembaga yang menaungi beragam potensi seni budaya di daerah berikhtiar untuk terus mengadvokasi kepentingan seniman budayawan yang menjadi anggotanya.

Diantaranya membantu pengadaan alat rebana dan juga mengembangkan ekonomi kerakyatan yang dapat membantu perekonomian para pelaku seni dan budaya melalui program Kearifan Lokal (Riflok) yang diadakan Direktorat Jenderal Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Kementerian Sosial Republik Indonesia 16 September 2021.

Baca juga:  Bersyukur Rumahnya Direhab TNI

Pengadaan sarana diharapkan dapat meningkatkan kompetensi hingga berprestasi. Selain itu dengan sarana kesenian baru para seniman dapat lebih semangat dalam berlatih dan berekspresi secara kondusif dan menyenangkan. Dengan begitu tercipta seniman yang sehat mentalnya, berbudaya, aman dan nyaman berkarya, meningkatkan aktivitas kreasi konten yang bermanfaat untuk masyarakat. Dengan terfasilitasi sarana untuk berlatih dan berkarya, dan juga dapat meningkatkan motivasi para seniman, pelatih seniman dalam melakukan kegiatan kreasi konten seni.

Dalam bantuan dana hibah ini Tembang Jiwa Kabupaten Semarang membuka peluang perekonomian dari seniman untuk seniman berbentuk Angkringan, yang diberi nama Angkringan Tembang Jiwa di Ungaran Kabupaten Semarang. Unit usaha ini diharapkan bisa membantu perekonomian seniman di bawah naungan Tembang Jiwa.

Baca juga:  PMI Tak Pasang Target di Bulan Dana

Salah satu seniman yang bernaung di bawah Tembang Jiwa Alvin Gandhi Wijaya mengaku bersyukur atas bantuan dana hibah dari Kemensos RI. Sebab, sudah membantu seniman untuk dapat memiliki usaha bersama.

“Maturnuwun sanget, tembang jiwa sudah memperhatikan sisi perekonomian kami sebagai seniman di kabupaten semarang. Program ini sangat membantu sekali bagi kami”ungkapnya.

Ketua Tembang Jiwa Kabupaten Semarang Sugiyanto mengucapkan terima kasih kepada kemensos RI. Ia mengapresiasi bantuan Kemensos RI yang bekerja sama dengan Komisi VIII. “Bantuan ini sangat berharga bagi kami di daerah. Terima kasih bu Risma (menteri sosial) dan pak Bukhori Yusuf (DPR RI Komisi VIII) atas bantuannya. Tentu ini sangat bermanfaat bagi teman-teman terutama untuk ekonomi teman-teman,” tambahnya. (adv/ria/fth)

Baca juga:  Ratusan Rumah di Kabupaten Semarang Porak-Poranda Disapu Puting Beliung

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya