alexametrics

Rekam Jejak Prestasi Kabupaten Magelang Tahun 2021

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Sejumlah prestasi diraih Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang sepanjang tahun 2021. Di bidang manajemen kepegawaian, Pemkab Magelang meraih predikat “Baik” untuk sistem Merit dalam manajemen ASN.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Magelang Eko Tavip Haryanto menuturkan, BKPPD berkontribusi dalam beberapa hal terkait pencapaian ini. Di antaranya, telah memanfaatkan assessmenty centre untuk alat penilaian kompetensi sebagian pegawai, membangun e-office dalam sistem kearsipan dinamis, serta telah melaksanakan pemetaan kompetensi untuk level jabatan JPT, JA, dan JF tahun 2014-2021 (800 orang).

Pemkab Magelang juga meraih kategori Nindya sebagai Kabupaten Layak Anak serta meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori Utama tahun 2020 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Prestasi ini diraih karena Pemkab Magelang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender. Termasuk dalam pemberdayaan perempuan, serta perlindungan dan pemenuhan kebutuhan anak.

Baca juga:  Layanan Lebih Ringkas dan Berkualitas

Sebelumnya pada tahun 2012 dan 2016 Pemkab Magelang baru mendapatkan penghargaan APE kategori Pratama. Kemudian kategori Madya pada tahun 2018. “Ini menunjukkan ada keseriusan kami untuk melaksanakan dan menjunjung kesetaraan dan keadilan gender,” ucap Bupati Magelang Zaenal Arifin.

Bupati Magelang Zaenal Arifin menerima penghargaan APE Kategori Utama dari Rumah Dinas Bupati Magelang. (PROKOMPIM KABUPATEN MAGELANG FOR JAWA POS RADAR SEMARANG)

Sementara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispuspa) juga memborong banyak penghargaan. Di antaranya predikat Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) Terbaik Se-Jawa Tengah serta Perpustakaan Kabupaten/Kota Terbaik dalam Implementasi Transformasi Perpustakaan Berbasik Inklusi Sosial tahun 2021. Selain itu Kepala Seksi Pengembangan Perpustakaan Amroni selaku person in charge (PIC) Program Transformasi Berbasis Inklusi Sosial tahun 2021 juga mendapat penghargaan Honorable Mention Nasional.

Perpustakaan desa binaan Dispuspa, Perpustakaan Pondok Sejuta Ilmu Desa Ngablak, Kecamatan Ngablak, juga dinobatkan sebagai Perpustakaan Desa/Kelurahan Terbaik dalam Implementasi Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial. Ada pula Perpustakaan Sahwahita Desa Butuh, Kecamatan Sawangan, yang meraih juara lomba foto PLM Nasional 2021.

Baca juga:  Tim Terpadu Percepat Penanganan Laka Lantas Kabupaten Semarang

Prestasi di bidang lingkungan hidup juga dibawa pulang Pemkab Magelang. Yakni penghargaan program kampung iklim (Proklim) tahun 2021 yang merupakan penghargaan keempat dalam kurun waktu empat tahun terakhir.

Kemudian dari bidang pemerintahan, Pemkab Magelang mendapat predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Hal ini berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintahan Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2020.

Di bidang komunikasi dan informasi,  Radio Gemilang FM meraih juara 2 kategoti Iklan Layanan Masyarakat dalam kompetisi Swara Kencana yang diadakan oleh Radio Republik Indonesia (RRI) pada September lalu. Kemudian pada November, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dari Kelurahan Secang menghantarkan Kabupaten Magelang sebagai Juara 2 Lomba Film Pendek KIM se-Jawa Tengah bertema Kebijakan Protokol Kesehatan.

Baca juga:  Sampah Berserakan di Pinggir Jalan Raya Sekitar TPA Pasuruhan

Kepala Diskominfo Kabupaten Magelang Endra Endah Wacana berharap prestasi ini bisa menginspirasi KIM yang lain dalam memberikan informasi kepada masyarakat. Menurutnya, KIM memiliki beragam media dengan potensi dan kreativitas yang beragam.

KIM berkembang bersama rakyat sebagai bentuk komunitas yang konsen terhadap beragam informasi merupakan partner pemerintah dalam distribusi informasi sekaligus menyampaikan aspirasi.  “Selain hal tersebut, KIM merupakan gatekeeper dan stakeholder penting dalam rangka membangun edukasi dan literasi masyarakat,” harapnya. (rhy/adv/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya