alexametrics

Kurangi Eksploitasi Air Tanah dengan Reservoir

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kajen – Perumda Air Minum Tirta Kajen berkomitmen mengurangi eksploitasi air tanah di wilayah Kabupaten Pekalongan. Salah satu caranya dengan membangun reservoir (penampungan air) di beberapa titik.

Direktur Tirta Kajen Nur Wachid menyadari, fenomena penurunan permukaan tanah di wilayah pesisir Kabupaten Pekalongan salah satunya disebabkan oleh eksploitasi air tanah. Meskipun, kata dia, banyak faktor lain yang menyebabkan, namun pihaknya tetap peduli dengan fenomena itu.

“Kami berkomitmen. Kami sedang menyusun proyeksinya,” katanya.

Ia menjelaskan, wilayah selatan Kabupaten Pekalongan dianugerahi sumber air yang baik dan melimpah. Karena itu, kata dia, butuh pembangunan reservoir di beberapa titik untuk penampungan. Lalu dialirkan ke wilayah pesisir agar di sana eksploitasi air tanah berkurang.

Baca juga:  SMK Mataram Semarang Bentuk Ekosistem Industri Garmen Tata Busana

“Kebutuhan air bersih wilayah pesisir nanti bisa kami distribusikan dari reservoir-reservoir itu. Agar tidak banyak mengeksploitasi air tanah,” tegasnya.

Proyeksi Tirta Kajen, reservoir itu, akan dibangun di wilayah tengah. Di antaranya di sekitaran gedung Balai Latihan Kerja (Desa Rowolaku, Kajen), di sampih Wonopringgo, Karanganyar, hingga Karangdadap. Wilayah-wilayah itu berada di garis tengah Kabupaten Pekalongan yang relatif lebih tinggi dari pesisir.

“Sehingga nanti distribusi air bisa menggunakan sistem gravitasi. Ini justru bisa menekan operasional karena mengandalkan kontur wilayah,” paparnya.

Wachid berharap, suatu saat Pemkab Pekalongan ada anggaran untuk pembangunan reservoir tersebut. Sejauh ini, kata dia, pembicaraan soal itu sudah ada meski belum resmi.

Baca juga:  Kota Semarang Terbaik dalam Inovasi New Normal

“Kami, pemkab, dan DPRD sudah membicarakan ini. Namun memang belum secara resmi. Semoga teraliasai agar eksploitasi air tanah bisa diminimalisasi,” harapnya. (adv/nra/zal)

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya