alexametrics

SMPN 1 Mungkid Dorong Siswa Berkarakter Iman dan Takwa

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – SMPN 1 Mungkid, Kabupaten Magelang terus meningkatkan mutu sekolah. Hal tersebut dilakukan untuk mencapai delapan standar nasional pendidikan. Meliputi standar isi, proses, kompetensi lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan, serta penilaian.

Kepala SMPN 1 Mungkid Supriyanto menuturkan, ingin membentuk sekolah  yang berkarakter. Yakni karakter yang beriman dan bertakwa. “Selain itu, kami ingin sekolah ini (SMPN 1 Mungkid) berprestasi dan mencintai alam,” ujar Supriyanto.

Untuk mencapai delapan standar nasional pendidikan, pihaknya membuat Sistem Penjaminan Mutu Sekolah (SPMS). “Jadi semua standar nasional pendidikan nasional ada kriteria atau indikatornya. Kemudian setiap akhir  tahun kami tinjau ketercapaian standar tersebut,” ujarnya.

Supaya semakin bermutu, SMPN 1 Mungkid meningkatkan beberapa kegiatan baik di dalam kelas maupun luar kelas. “Nah kalau yang di luar kelas ini banyak menunjang. Misal untuk mencapai karakter beriman dan bertakwa,” imbuhnya.

Program di luar kelas yang diadakan oleh SMPN 1 Mungkid beragam. Seperti pembiasaan doa pagi, literasi, motivasi keagamaan, parenting, maupun kepedulian sosial.
“Salah satu saja kegiatan yang kami lakukan adalah Jumat Berkah, dengan membagikan nasi secara gratis,” katanya.

Untuk mencapai hal itu, SMP Negeri 1 Mungkid juga menjalin kerja sama dengan semua pihak yang berempati dan bersimpati dengan kemajuan sekolah: alumni, orang tua siswa, juga lembaga lain.

Di samping itu, untuk menunjang prestasi siswa, SMPN  1 Mungkid mengadakan beberapa pelatihan. Seperti public speaking,  fotografi, videografi,  kesenian, olahraga dan lainnya. “Pada prinsipnya kami ingin melayani anak-anak dengan sebaik-baiknya. Sesuai dengan minat mereka,” jelas Supriyanto. (man/bis/lis)

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya