alexametrics

Faskes Hindari Gagal Bayar Klaim Cvid-19

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Magelang mengimbau fasilitas kesehatan (faskes) segera melaporkan klaim Covid-19. Hal ini untuk menghindari gagal bayar klaim, karena laporannya dianggap kadaluarsa.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Magelang Ni Ketut Sri Budiani menjelaskan adanya ketentuan baru. Batas waktu pengajuan klaim, dua bulan sejak pelayanan dilakukan. “Kita proaktif berkomunikasi dengan faskes, supaya tagihan Covid-19 segera bisa kita proses verifikasinya,” kata perempuan yang akrab disapa Riri itu, Selasa (16/11).

Kata dia, yang membayar klaim Covid-19 adalah Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Sejauh ini, verifikasi klaim Covid-19 yang ditangani kantor cabang (KC) Magelang cukup lancar.

Peran BPJS Kesehatan lainnya adalah menyediakan data untuk bantuan sosial. Kemudian menyesuaikan indikator kapitasi berbasis kinerja (KBK) untuk edukasi disiplin protokol kesehatan (prokes). “Kami juga menyediakan data untuk vaksinasi dan menyediakan aplikasi P-Care untuk pelayanan vaksinasi Covid-19,” jelas dia.

Baca juga:  Kapolres Yolanda Evalyn Minta Anggotanya Intropeksi Diri

Terkait vaksinasi, BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Jawa Tengah dan DI Jogjakarta telah meluncurkan program Vania Manis (Vaksinasi Indonesia bagi Masyarakat Lansia dan Prolanis) untuk peserta JKN di Jawa Tengah dan Jogjakarta.

Dia menyebut, program ini untuk percepatan pemberian vaksinasi bagi peserta Prolanis (Program Pengelolaan Penyakit Kronis), seperti hipertensi dan diabetes mellitus. Di sisi lain, pihaknya meminta masyarakat untuk memanfaatkan pelayanan nontatap muka untuk menghindari penyebaran Covid-19. Salah satunya aplikasi Mobile JKN. Mengakomodasi pelayanan antrean online, perubahan data peserta, konsultasi dokter, sampai skrining Covid-19. (put/lis)

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya