alexametrics

Butuh Reservoir Baru untuk Melayani Pesisir

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kajen – Perumda Air Minum (PDAM) Tirta Kajen Kabupaten Pekalongan bakal memaksimalkan pelayanan ke wilayah pesisir. Salah satunya dengan upaya untuk membangun tempat penampungan air bersih (reservoir) baru di titik tertentu. Pembicaraan dengan pemkab dan DPRD terkait itu sudah menemui titik terang.

Direktur Tirta Kajen Nur Wachid mengatakan ada beberapa wilayah di pesisir (utara) Kabupaten Pekalongan yang perlu mendapat pelayanan air bersih secara maksimal. Di antaranya, Kecamatan Wiradesa, Wonokerto, Siwalan, dan Tirto.

Secara hitungan teknis, untuk mengaliri wilayah itu reservoir bisa di bangun di lahan sekitaran gedung Balai Latihan Kerja (BLK) atau Kampus IAIN Pekalongan. Tepatnya di Desa Rowolaku, Kecamatan Kajen. “Secara kajian beda tinggi, pembangunan reservoir di sana akan dapat mengaliri air dengan tekanan yang sesuai,” katanya.

Baca juga:  Dewan Sorot Sarpras E-KTP hingga Infrastruktur Jalan

Tirta Kajen telah membuka pembicaraan soal proyeksi pembangunan reservoir dengan Pemkab dan DPRD Kabupaten Pekalongan. Namun, pembicaraan itu belum secara resmi atau kedinasan. “Tetapi, pemahaman sudah mulai sama bahwa memang di wilayah tersebut penting sekali dibangun reservoir untuk sentral pelayanan air bersih ke wilayah utara,” ujarnya.

Jika nanti proyeksi itu terealisasi, pihaknya tinggal mencari sumber air dari wilayah selatan. Lalu air ditampung di reservoir itu dan Tirta Kajen akan mulai menata jaringan saluran ke wilayah utara. “Jika sudah ada reservoir itu, kami pikir eksploitasi air tanah juga akan berkurang. Sebab kebutuhan air bersih di wilayah utara bisa kami penuhi lewat reservoir itu,” tambahnya. (adv/nra/fth)

Baca juga:  PDI Perjuangan Kabupaten Pekalongan Mulai Susun Strategi

 

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya