alexametrics

Kejar Pelayan Prima, Tirta Kajen Tempa Karyawan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kajen – Perumda Air Minum atau PDAM Tirta Kajen terus bergerak mengejar pelayanan prima. Terbaru, mereka menempa para karyawannya dengan pelatihan. Kapasitas sumber daya manusia (SDM) ditingkatkan demi kepuasan pelanggan.

Pelatihan telah berlangsung pada 25 September 2021 lalu di Hotel Horison, Pekalongan. Direktur Perumda Tirta Kajen Nur Wachid mengatakan, pelatihan itu bertujuan membentuk jiwa profesionalitas karyawan. “Karena mereka akan bekerja untuk pelanggan. Baik dan profesional kuncinya,” katanya.

Wachid menambahkan, pihaknya perlu mengadakan pelatihan itu juga untuk investasi SDM jangka panjang. Karyawan profesional, lanjut dia, merupakan hal yang perlu ia siapkan. “Peningkatan kapasitas SDM merupakan salah satu investasi untuk menuju perusahaan ini semakin maju. Kalau hanya stuck atau diam saja, maka akan tertinggal,” ujarnya.

Baca juga:  Vaksinasi Rabies Langsung Diserbu Pemilik Hewan

Pelatihan tersebut merupakan bantuan dari lembaga water.org yang merupakan salah satu mitra Tirta Kajen. Lembaga tersebut, kata Wachid, adalah sebuah lembaga atau semacam LSM yang programnya memang membantu peningkatan PDAM.

Tahun lalu, lembaga ini  mencanangkan program pencapaian sambungan rumah berbasis angsuran. Dalam hal ini, di Jawa Tengah Tirta Kajen menempati posisi kedua setelah Sukoharjo. “Selain penghargaan terkait itu, kami juga mendapat fasilitas pelatihan ini dari water.org,” ujar Wachid.

Dalam pelatihan,Nur Wachid juga menyampaikan beberapa materi. Di antaranya menumbuhkan semangat para karyawan. Sedangkan peserta pelatihan ialah karyawan yang tugasnya berhubungan langsung dengan pelayanan, proses pencarian, dan pembayaran pelanggan. Seperti pembaca meteran pelanggan hingga petugas di loket.

Baca juga:  KONI Dukung Wisata Arum Jeram

Intinya, lanjut Wachid, sebagai karyawan di instansi yang melayani masyarakat mereka harus punya visi yang tidak mengecewakan. Wachid mencontohkan, misalnya dalam mengawasi aset vital perusahan, saat ada kebocoran pipa harus tanggap bergerak.

“Saya tekankan kepada mereka, saat bertugas jangan berpikir hasiln. Namun bagaimana mendapatkan penilaian baik,” tandasnya. (adv/nra/ton)

 

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya