alexametrics

Bantu UMKM, BPR Arto Moro Salurkan Kredit

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu key driver dalam ekonomi nasional. Data Kementerian Koperasi dan UKM pada 2020 mencatat bahwa UMKM berkontribusi terhadap PDB sebesar 61,07 persen atau senilai lebih dari Rp 8.500 triliun. UMKM mampu menyerap 97 persen dari total tenaga kerja dan UMKM mampu menghimpun hingga 60,4 persen dari total nilai investasi.

Sayangnya, akibat pandemi Covid-19, sektor UMKM terpuruk. Pelaku UMKM membutuhkan dukungan pemerintah, khususnya berupa akses ke dana tunai/keuangan jangka pendek. Terkait hal itu, peran BPR sebagai lembaga keuangan yang dekat dengan UMKM diminta turut mendukung penyediaan dana maupun penyaluran dana kepada pelaku UMKM.

Peran penting BPR dalam pembiayaan dan penyaluran dana kepada UMKM di masa pandemi covid-19, menjadi tema Hybrid Seminar & Awarding Majalah InfoBank bertema Mendorong BPR untuk Penyelamatan UMKM Peluang BPR Dalam Penyaluran Dana Desa dan Dana PEN di Hotel Royal Ambarrukmo,  belum lama ini (29/9/2021). Seminar diikuti oleh Direktur Utama BPR Arto Moro Semarang, Darmawan S.Sos.

Baca juga:  Pertamina MOR IV Bagi-Bagi Hadiah

Ditemui usai seminar, Darmawan menyampaikan, BPR Arto Moro sudah sejak lama concern menyalurkan kredit kepada UMKM. Untuk memperkuat sektor pembiayaan UMKM, pihaknya ipercaya menjalin kerjasama dengan beberapa bank umum besar. Antara lain, BCA, Bank BJB, Bank Jateng, CIMB Niaga, Lestari Group dan Bank Mayapada.

Kegiatan ini diikuti oleh BPR-BPR peraih penghargaan Infobank Award 2021. Salah satu BPR peraih penghargaan adalah BPR Arto Moro Semarang. BPR yang terletak di Jalan Gajah Raya  155 Semarang tersebut, meraih predikat BPR Berkinerja Sangat Bagus untuk BPR beraset Rp250 miliar hingga di bawah Rp 500 miliar. BPR Arto Moro merupakan satu-satunya BPR di Kota Semarang pada kategori aset tersebut yang memperoleh penghargaan Infobank Award 2021.

Baca juga:  Puluhan Satpol PP Geruduk Pasar Johar, Borong Dagangan Pedagang

Darmawan mengatakan, penghargaan ini merupakan penghargaan yang ke-4 bagi BPR Arto Moro. Penghargaan tersebut menjadi pemicu semangat bagi BPR Arto Moro untuk berkontribusi yang lebih baik kepada masyarakat.

“Award ini merupakan penyemangat bagi kami untuk terus meningkatkan kinerja dan memberikan yang terbaik kepada nasabah dan masyarakat. Selain meneropong peluang penyelamatan UMKM dengan menjadi penyalur dana desa dan dana PEN (pemulihan ekonomi nasional), BPR Arto Moro sudah sejak lama  menyalurkan kredit kepada UMKM.” (*/isk)

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya