alexametrics

UNW Kirim 131 Relawan Mahasiswa untuk Bantu Penanganan Covid-19

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Ungaran – Universitas Ngudi Waluyo (UNW) mengirimkan 131 mahasiswa untuk menjadi relawan Covid-19 nasional (recon). UNW pun menduduki peringkat pertama sebagai institusi dengan relawan terbanyak se-Indonesia. Data tersebut mengacu pada situs datastudio.

Rektor UNW Subyantoro mengatakan, mahasiswa yang menjadi relawan memiliki nilai kepedulian kemanusiaan yang tinggi. Selain itu, sebagai betuk implementasi program Kampus Lacak Covid-19. Terjun langsung di lapangan untuk mendukung penuntasan pandemi Covid-19.

“Kami kirim 131 mahasiswa. Ini sudah menjadi komitmen kami untuk turut membantu pemerintah dalam menangani kasus Covid-19. Kami pun juga berangkat dari sektor kesehatan,” ungkapnya Selasa (7/9/2021).

Sementara itu, dosen pendampingan program Studi Kesehatan Masyarakat Sri Lestari menambahkan, Kampus Lacak Covid-19 menjadi salah satu langkah strategis dari program Kampus Siaga yang sudah dicanangkan oleh Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan dan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam penanggulangan pandemi Covid-19.

Baca juga:  Kuatkan Gotong-Royong dan Pelayanan Masyarakat

UNW ikut mengimplementasikan program Kampus Siaga untuk membantu penanggulangan pandemi Covid-19 melalui penguatan contact tracing oleh relawan mahasiswa dan civitas akademika. Bentuk implementasi dari program ini meliputi pemberdayaan dan pengembangan mahasiswa, pemberdayaan masyarakat, penguatan peran perguruan tinggi dalam menanggulangi Covid-19. Selain itu, kolaborasi antara perguruan tinggi dengan fasilitas pelayanan kesehatan primer.

Program recon ini dilaksanakan mulai dari April sampai Agustus 2021. Mulai dari sosialisasi program dari Ditjen Dikti Kemdikbud dan Kementerian Kesehatan ke perguruan tinggi, rekrutmen relawan, pelatihan, pelaksanaan. “Ditutup dengan evaluasi,” jelasnya.

UNW menjadi Institusi dengan jumlah relawan terbanyak pada program Recon bersanding dengan 193 Institusi lain di seluruh Indonesia. Mahasiswa yang diterima menjadi relawan contact tracer dibekali ketrampilan dan pengetahuan sebelum terjun langsung. Pelatihan yang diberikan kepada relawan antara lain komunikasi efektif, perubahan perilaku, pengendalian Covid-19, pendampingan karantina dan isolasi mandiri, serta penggunaan aplikasi Silacak (Sistem Informasi Pelacakan Kontak Covid-19).

Baca juga:  Tercipta Tanpa Sengaja, Begini Asal Usul Soto Gudangan Ungaran

“Tentu kami berharap dengan terlibatnya UNW, kasus positif terus menurun. Sehingga aktivitas pendidikan bisa berlangsung dengan baik,” tandasnya. (ria/adv/zal)

 

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya