alexametrics

Pandawa Permudah Layanan Administrasi Peserta JKN-KIS

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – BPJS Kesehatan terus berupaya meningkatkan pelayanan terbaik bagi masyaralat melalui pelayanan non tatap muka dengan memanfaatkan media online Whatsapp.

Pelayanan online yang saat ini dapat di akses oleh peserta JKN-KIS adalah Pandawa, yang merupakan akronim dari pelayanan administrasi melalui whatsapp. Selain memudahkan masyarakat mendapat akses pelayanan tanpa harus datang ke kantor, melalui kanal pelayanan administrasi Whatsapp Pandawa tersebut, merupakan upaya dari BPJS Kesehatan dalam pencegahan penularan COVID-19.

Kepala BPJS Temanggung Susilo Budi Iswati mengatakan, pandemi Covid-19 tidak menyurutkan kinerja Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Meski pemberian pelayanan publik di masa PPKM darurat ini menjadi sebuah tantangan tersendiri. Namun, lembaga negara yang menjalankan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) ini telah menyiapkan kanak pelayanan administrasi melalui Pandawa.

Baca juga:  Danrem Panju Panjung Apresiasi Satgas TMMD

“Selain memudahkan masyarakat mendapat akses pelayanan di masa pandemi, melalui kanal pelayanan administrasi Pandawa tersebut merupakan upaya dari BPJS Kesehatan dalam mencegah penularan Covid-19,” katanya.

Melalui layanan Pandawa, kata Susilo, peserta JKN-KIS dapat mengakses layanan berupa pendaftaran peserta JKN-KIS baru. Menambah anggota keluara, daftar bayi baru lahir, ubah jenis kepesertaan, ubah data identitas, ubah golongan dan gaji, mengubah fasiltas kesehatan tingkat pertama (FKTP), melakukan penonaktifan peserta meninggal, perbaikan data ganda serta pengaktifkan kembali JKN-KIS.

Beberapa peserta JKN-KIS sangat mengapresiasi pelayanan non tetap muka yang diluncurkan oleh BPJS Kesehatan. Salah satunya Ira Widiati warga Gandurejo, Kecamatan Bulu. Menurutnya, ini merupakan inovasi yang sangat baik dan relevan dengan kebutuhan masyarakat terutama di tengah pendemi Covid-19.

Baca juga:  Peluang Pengembangan Psikologi Islam

“Ini memudahkan kita terutama di masa PPKM saat ini, kita tidak perlu datang ke kantor kita bisa menggunakan HP sudah bisa melakukan penggaduan maupun layanan terkait BPJS Kesehatan,” katanya. (nan/bas)

 

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya