alexametrics

Laba PDAM Tirto Panguripan Surplus

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirto Panguripan Kendal hingga pertengahan tahun 2021 berhasil mencapai sejumlah target. Di antaranya dalam perolehan laba (surplus).

Direktur PDAM Tirto Panguripan Kendal, Susanto mengatakan, perolehan laba hingga Juli lalu mencapai Rp 4,361 miliar. Nilai tersebut telah melebih target laba dalam tahun anggaran sebesar Rp 3,373 miliar.

“Hingga Juli lalu sudah ada kelebihan laba sebesar Rp 987,588 juta. Kelebihan ini tentu dapat menunjang pembangunan daerah,” kata Sunanto saat Gebyar Undian Pelanggan ke-2 di Aldila Resto, kemarin (30/8).

Jumlah laba yang harus disetorkan ke Kas Daerah sebagai Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2021, sebesar Rp 3,489 miliar. Hingga Agustus ini, pihaknya sudah menyetorkan dana Rp 2 miliar.

Baca juga:  Satgas TMMD Ajarkan Dua Bahasa Asing

Ia berharap, keberhasilan ini menjadikan PDAM sebagai salah satu Perusahaan Daerah (Perusda) yang sehat dan profesional, serta memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat,” jelasnya.

Tidak hanya laba, kuantitas jumlah pelanggan saat ini cukup signifikan, mencapai 90.574 sambungan rumah (SR). Sementara total produksi air 737,5 liter per detik di 41 sumur dalam dan tiga sumber air milik PDAM. “Bulan ini ada penambahan pelanggan sebanyak 1.500 pelanggan baru,” ujarnya.

PDAM Kendal juga mengutamakan kepuasan pelanggan. Di antaranya dalam bidang administrasi. Terbukti, efektivitas penagihan pembayaran rekening air pelanggan mencapai 96 persen. Semua capaian itu ditunjang kinerja karyawan PDAM yang optimal.

Perusahaan pelat merah itu juga memberi kemudahan pelanggan untuk membayar tagihan air secara online. Bisa melalui Kantor Pos, ATM, Indomaret dan Alfamart. Selain itu melalui aplikasi Link Aja, Bukalapak, Tokopedia, Ovo, dan sebagainya.

Baca juga:  HET Dicabut, Harga Migor Dua Liter Tembus Rp 50 ribu

“Jadi pelanggan tidak perlu datang ke kantor cabang PDAM dan mengantre. Pembayaran cukup dari rumah menggunakan smartphone,” tegasnya.

PDAM Kendal telah membentuk Tim Unit Reaksi Cepat (URC)untuk menanggulangi kebocoran pipa dan keluhan pelanggan. “Termasuk jika ada pemadaman listrik, Air PDAM tidak mati. Kami langsung bisa mengaktifkan generator set (Genset) yang ada di setiap rumah pompa,” tandasnya.

PDAM Tirto Panguripan Kendal juga aktif menjaga lingkungan. Hal itu dibuktikan dengan penanamaan pohon yang dilakukan setiap tahun. “Terutama di daerah yang terdapat sumber-sumber air milik PDAM Kendal,” ujarnya.

Sementara dalam Gebyar Undian, PDAM Tirto Panguripan Kendal memberikan hadiah kepada pelanggan. Yakni satu unit sepeda motor, lima unit Sepeda MTB, enam unit Televisi LED 32 inch, tujuh unit kulkas, 10 buah kompor gas, dan 50 hadiah hiburan.

Baca juga:  Sareh Sumeleh, Acuhkan Pandangan Negatif Orang

Undian ini sebagai penyemangat pelanggan PDAM Kendal dalam pemakaian air dan membayar tagihan tepat waktu.

“Sebab poin didapat dari pemakaian air minimal 10 meter kubik dan pembayaran tepat waktu. Jika pembayaran molor atau terlambat, maka tidak dapat poin,” imbuhnya. (adv/bud/zal)

 

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya