alexametrics

Tanda Tangani Inovasi Pelayanan Percepatan Panggilan Delegasi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Semarang kembali membuat gebrakan inovasi pelayanan bersama PTA Surabaya dan PTA Yogyakarta.

Inovasi ini di bidang percepatan panggilan delegasi, yang meliputi percepatan permintaan bantuan panggilan atau pemberitahuan, sita dan eksekusi delegasi antara wilayah PTA.

Gebrakan inovasi baru ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) tiga PTA sekaligus di Aula Pengadilan Agama (PA) Ngawi, Jawa Timur pada Jumat (20/8/2021) kemarin dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua PTA Semarang Drs HM Alwi Mallo MH, Ketua PTA Surabaya Drs H Mohammad Yamin Awie SH MH, Ketua PTA Yogyakarta Drs H Sarif Usman SH MH, dan para pejabat di lingkungan PTA Semarang, PTA Surabaya, dan PTA Yogyakarta.

Baca juga:  BPR Arto Moro Sasar Pelajar

Meliputi para panitera, sekretaris, termasuk beberapa ketua pengadilan tingkat pertama (pengadilan agama/PA) di 3 lingkungan PTA tersebut.

Menurut Ketua PTA Semarang, Drs HM Alwi Mallo MH, dengan inovasi pelayanan ini, diharapkan bisa terjadi percepatan penyelesaian perkara kepada para pihak di tingkat Peradilan Pertama, sehingga terwujud asas peradilan sederhana, cepat, dan biaya ringan.

“Proses tundaan persidangan yang biasanya dilakukan sebulan, bisa dipangkas menjadi sepekan atau dua pekan,” kata Alwi Mallo.

Penandatanganan MOU tiga PTA ini, jelasnya, menjadi tonggak baru bagi upaya percepatan penyelesaian perkara di PA khususnya di wilayah Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur.

Saat ini PTA Semarang terus melakukan upaya pelayanan yang terbaik buat masyarakat pencari keadilan agar bisa terwujud peradilan yang agung.

Baca juga:  Hendi Terima Tanda Kehormatan Kartika Pamong Praja Muda dari IPDN

“Di samping itu juga gencar membangun Zona Integritas (ZI) dalam rangka mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM),” jelas Ketua Panitia Acara yang juga Panitera PTA Surabaya, Hj Siti Romiyani SH MH yang diamini oleh Panitera dan Sekretaris PTA Semarang, H Ma’sum Umar SH MH dan Abdul Mutalip S.Ag SH MH.

Sedangkan ruang lingkup kerja sama yang ditandatangani ini meliputi permintaan bantuan panggilan pihak pertama untuk hadir dalam persidangan pertama, persidangan lanjutan, pemberitahuan putusan, permintaan bantuan untuk melakukan pemeriksaan setempat (descente) terhadap objek sengketa yang berada di luar wilayah hukum Pengadilan Agama sebagai tempat diajukan perkara, permintaan bantuan panggilan untuk berperkara untuk hadir dalam sidang aanmaning eksekusi, peletakan sita delegasi dan permintaan bantuan lainnya yang berkaitan dengan percepatan penyelesaian perkara.

Baca juga:  Jadikan Sego Megono Kuliner Khas Selopampang

“Kerja sama untuk inovasi pelayanan semacam ini akan ditingkatkan lagi di masa yang akan datang. Kerja sama antarlembaga, baik sesama peradilan maupun dengan kementerian lembaga lainnya bisa ditingkatkan lagi baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Kami berharap ke depan bukan saja MOU dengan PTA Yogyakarta dan Surabaya, tapi kami usulkan inovasi pelayanan ini menjadi program nasional di lingkungan Peradilan Agama se-Indonesia,” tandasnya. (rls/ida/adv)

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya