alexametrics

SMK Teuku Umar Semarang Kembangkan Produk Kreatif dan Kewirausahaan Siswa

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Direktorat SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi pada 2021 ini telah memfasilitasi beberapa sekolah untuk mengembangkan produk kreatif dan kewirausahaan. SMK Teuku Umar Semarang ditunjuk sebagai salah satu sekolah yang mendapat fasilitas tersebut. Hal ini dimaksudkan untuk peningkatan mutu lulusan SMK yang diharapkan juga mampu untuk berwirausaha.

Kepala SMK Teuku Umar Komarudin mengatakan bahwa fasilitas tersebut sejalan dengan program sekolah yang telah mengembangkan budaya wirausaha siswa di Unit Pusat Bisnis dan Wirausaha. Dengan program dari Direktorat tersebut diharapkan ke depan sekolah mampu mencetak calon-calon wirausahawan muda, sekaligus mampu menjadi peluang kerja bagi para tamatan. “Kami merasa sangat bersyukur telah ditunjuk Direktorat untuk melaksanakan program tersebut sesuai dengan misi sekolah melaksanakan pendidikan dan pelatihan kewirausahaan terintegrasi dengan institusi dunia kerja,” jelasnya.

Baca juga:  Rayakan HUT ke-29, SMK Teuku Umar Gelar Kompetisi dan Inovasi

SMK Teuku Umar telah membudayakan siswa berwirausaha dengan pembelajaran daring dan pertemuan (luring) terbatas untuk siswa yang berminat mengembangkan kreatifitas dan inovasinya di bidang usaha. Di Pusat Bisnis dan Wirausaha, siswa dapat melakukan riset, penelitian dan pengembangan produk, sharing pembimbing dan bahkan komunikasi pemasaran produk. Dan untuk saat ini sekolah telah mengembangkan produk berupa cairan pembersih, pelicin, pelembut dan pewangi pakaian, pembersih porselen, shampo mobil dan pembersih lantai. Produk ini telah dipasarkan melalui kegiatan praktik pemasaran produk oleh siswa terutama jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran.

Siswa yang terlibat dalam wirausaha tidak hanya jurusan Pemasaran saja tetapi jurusan lain di sekolah seperti Akuntansi, Perkantoran, Komputer RPL dan Otomotif juga mempunyai kesempatan yang sama dalam riset dan pengembangan di Pusat Bisnis dan Wirausaha. Bahkan kolaborasi lintas jurusan menjadikan riset dan pengembangan lebih dinamis, dengan warna ide multi kompleks, konstruktif di bawah bimbingan Guru Kewirausahaan. (zen/ton)

Baca juga:  Tawarkan Kecanggihan, Kymco Sasar Pasar Jateng

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya