alexametrics

SMA Nasima Semarang Unggul dalam Akademik dan Karakter

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – SMA Nasima adalah salah satu jenjang sekolah yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Nasima. Lokasinya di Jalan Yos Sudarso 17, Arteri Utara Semarang. Dalam  mewujudkan visi misinya, SMA Nasima mengembangkan empat kompetensi.

Menurut Kepala SMA Nasima Eni Setyaningsih, keempat kompetensi tersebut adalah, pertama, kompetensi kenasimaan. Murid dibekali karakter cinta tanah air Indonesia yang Bhinneka Tunggal Ika dan Islam moderat yang rahmatan lil ‘alaminKedua, kompetensi  eksakta atau matematika dan sains, dalam hal ini  murid difasilitasi untuk tumbuh daya nalar dan kritisnya untuk meneliti fenomena di sekitarnya sesuai kaidah-kaidah ilmiah. Ketiga, kompetensi bahasa. Murid difasilitasi pengembangan bahasa internasionalnya melalui pelajaran Bahasa Inggris dan Bahasa Cina. Disamping itu, setiap tahun ada kegiatan students camp atau students exchange di sekolah-sekolah mitra di luar negeri.

Baca juga:  Ribuan Pelajar Nasima Sudah Divaksin

“Dan yang keempat kompetensi teknologi terapan meliputi kompetensi hidup dasar, hidup sehat, mengelola lingkungan hidup, teknik dasar, tanggap bencana, teknologi informasi terapan, dan kewirausahaan,” paparnya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Kepala SMA Nasima Eni Setyaningsih

Dikatakan, proses pendidikan berkualitas dan integratif di SMA Nasima  membuahkan hasil berupa prestasi, baik tingkat lokal, regional, nasional, bahkan internasional. Di antaranya, Muhammad Ghitrif GP, peserta didik kelas XII IPA SMA Nasima mewakili Indonesia dalam Olimpiade Ekonomi Internasional 2019 di St Petersburg, Rusia, dan berhasil meraih medali perak. Selain itu, tim tari Ratoh Jaroe pada 2018 mampu menjadi juara I pada even International Mask Dance Festival di Andong Korea Selatan, serta Sekolah Nasima mendapat anugerah Jawa Pos Radar Semarang  sebagai sekolah unggulan berbasis IT.

Baca juga:  UIN Pecahkan Rekor MURI

Eni Setyaningsih menyampaikan, lulusan SMA Nasima tahun ajaran 2020/2021 diterima di Perguruan Tinggi Negeri melalui SNMPTN sebanyak 48 persen dari jumlah murid yang eligible. Menurut data MGBK Semarang, persentase tersebut merupakan yang tertinggi se-Kota Semarang.

SMA Nasima bekerja sama dengan beberapa pihak penjamin mutu, antara lain Surya Institute, KAN dan Microsoft untuk pembelajaran secara Blended Habryd Learning. “Sekolah Nasima juga dipilih menjadi Microsof Showcase School, satu dari dua sekolah di Indonesia,” katanya bangga. (zen/aro)

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya