alexametrics

Bea Cukai Jateng-DIJ Setor Rp 20,44 T

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Upaya Bea Cukai Jateng DIJ dalam menggenjot penerimaan negara untuk memperkuat APBN menuai hasil. Terbukti pada semester pertama tahun 2021 berhasil menyetorkan penerimaan ke Kas Negara sebesar Rp 20,44 triliun.

Hal tersebut dinyatakan Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Jateng dan DIY, Padmoyo Tri Wikanto dalam Konferensi Pers APBN secara online, beberapa hari lalu. Penyetoran penerimaan ke Kas Negara sebesar Rp 20,44 triliun terdiri atas Bea Masuk sebesar Rp 848,6 miliar, Bea Keluar sebesar Rp 34,58 miliar dan Cukai sebesar Rp 19,56 triliun. “Meski baru 45,58 persen dari target sebesar Rp 44,84 triliun, namun mengalami pertumbuhan sebesar 17,3 persen dari tahun sebelumnya (yoy) dan merupakan penerimaan tertinggi dalam 5 tahun terakhir,” tandasnya.

Baca juga:  Bea Cukai Semarang Optimistis Raih Predikat WBK

Kendati begitu, Bea Cukai Jateng dan DIJ terus melakukan pencegahan dan penanggulangan dampak pandemi Covid-19, serta mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui optimalisasi penerimaan negara berupa Bea Masuk, Bea Keluar dan Cukai, optimalisasi pengawasan, pemberian fasilitas, dan penyerapan anggaran. “APBN yang kuat, sangat dibutuhkan dalam masa pandemi Covid-19,” tandas Tri Wikanto.

Dalam upaya optimalisasinya, Bea Cukai di lingkungan Jateng DIJ juga meningkatkan pengawasan dan berhasil melakukan 567 Penindakan di bidang impor, ekspor dan ekspor. Nilai barang hasil penindakan mencapai Rp 1,29 triliun dan potensi kerugian negara yang berhasil diselamatkan diperkirakan mencapai Rp 1,02 triliun.

Pada semester I 2021, Bea Cukai Jateng DIJ juga telah memberikan fasilitas pembebasan Bea Masuk dan Pajak dalam rangka impor terhadap impor barang untuk penanganan pandemi Covid-19. Barang-barang tersebut meliputi surgical mask, hand sanitizer, APD, viral DNA/ RNA Ducleic Acid Extraction Kid dan disposable medical mask dengan nilai setara Rp 36,55 miliar. “Adapun dari sisi penyerapan anggaran/belanja, dari PAGU sebesar Rp 78,24 miliar, telah terealisasi sebesar Rp 42,52 miliar atau 54,35 persen dari target,” katanya. (ida/ton)

Baca juga:  Serahkan 10 Set APD untuk Petugas TPU

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya