alexametrics

Latih Budikdamber Wujudkan Ketahanan Pangan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Semarang (Unnes) melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat. Kali ini dengan mengadakan pelatihan Budidaya Ikan dalam Ember (Budikdamber) yang diselenggarakan di Perumahan Green Village, Kelurahan Ngijo, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Minggu (20/6/2021) kemarin.

Ketua tim pengabdian, Prof Dr Sri Susilogati M.Si menjelaskan, kegiatan ini untuk mewujudkan ketahanan pangan masyarakat di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Dengan program budikdamber ini, masyarakat mampu memenuhi kebutuhan gizi dengan mengonsumsi ikan dan sayur yang dibudidayakan sendiri, meski di lahan yang terbatas.

“Kami berharap kegiatan pengabdian masyarakat ini, dapat meningkatkan ilmu dan keterampilan masyarakat dalam melaksanakan budikdamber. Sehingga mampu mewujudkan ketahanan pangan masyarakat di masa pandemi Covid-19. Masyarakat yang melaksanakan budikdamber juga berpeluang menjadi wirausahawan,” ujarnya.

Baca juga:  Tiga Pengkot Punya Nakhoda Baru

Sri menambahkan, dalam budikdamber ini masyarakat diberikan pengetahuan dan praktik mengenai budidaya ikan lele dan tanaman kangkung dalam satu ember. Budikdamber dapat dilaksanakan di lahan sempit dengan biayanya murah.

Peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan budikdamber ini. Salah satu peserta pengabdian, Arina mengatakan, di masa pandemi Covid-19 masyarakat butuh pelatihan semacam ini untuk membantu masyarakat memenuhi gizinya tanpa harus keluar rumah dan mengeluarkan biaya yang besar. Arina juga tertarik untuk melaksanakan budikdamber di rumahnya.

“Budikdamber sangat cocok diterapkan di lingkungan kami yang lahannya sempit. Kalau mau masak tinggal panen kangkung dan lele hasil budidaya sendiri. Pelatihan ini sangat membantu kami dalam mewujudkan ketahanan pangan keluarga”, ujarnya. (ima/bis/ida)

Baca juga:  Gonzales Terharu, Idul Adha Tanpa Orang Tua

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya