alexametrics

Siswa SMPN 21 Diajari Membuat Bonsai

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Pendidikan Keterampilan Hidup (PKH) SMPN 21 Semarang direalisasikan dengan pengetahuan membuat tanaman bonsai bagi siswa tingkat IX. Program ini bertujuan membekali para siswa tersebut yang tahun ini melalui tahap kelulusan memiliki keterampilan berharga.

“Program PKH Belajar Bonsai sengaja untuk siswa kelas 9 karena segera lulus sehingga punya bekal keterampilan bakat dan minat. Selain itu, tentunya pendidikan keterampilan lainnya yang sudah diterima di kelas sebelumnya,” papar Kepala SMPN 21, Suwarno Agung Nugroho, Jumat (30/3/2021) lalu.

Pembejaran PKH bonsai dilaksanakan beberapa hari secara bergelombang, mengikuti protokol kesehatan (prokes) yang sudah ditetapkan. Bekerjasama dengan kelompok bonsai Plat H, lanjut Agung, siswa diajari mulai memilih tanaman, proses pembuatan, hingga perawatan bonsai. “PKH kali ini dipilih belajar bonsai karena memiliki nilai ekonomi tinggi dan mengajari cinta lingkungan,” jelas kepala sekolah terbaik tingkat nasional tahun 2019 ini.

Baca juga:  Petadampot Solusi Meningkatkan Pendidikan Keterampilan Hidup Siswa SD

Perwakilan Komunitas Bonsai Plat H, Kasdur Witarto memaparkan, belajar bonsai memang perlu diajarkan pada anak-anak muda karena proses pertumbuhan tanamannya butuh waktu lama. “Jadi kalau nanti siswa sudah besar dan dewasa, bonsai yang dipelihara akan lebih baik. Apalagi kan mengajarkan kesabaran dan rutinitas perawatan tanaman,” ungkap kolektor berbagai jenis tanaman bonsai ini. (fiq/ida)

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya