alexametrics

Penderita Diabetes Wajib Waspadai Retinopati Diabetik

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Masyarakat khususnya penderita diabetes yang menjalani ibadah puasa, mesti harus lebih ketat dalam mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kadar gula tinggi, karena berpotensi mengalami gangguan mata Retinopati Diabetik.

Demikian diungkapkan Dr. Martin Hertanto, SpM, Medical Retina,Vitreo-Retina anda Cataract Specialist at JEC Eye Hospita and Clinics  dalam webinar “JEC EYE Talks”, selasa (27/4/2021).

“Ini adalah Komplikasi dari penyakit diabetes yang memicu penyumbatan pada pembuluh darah pada bagian retina mata, jika tidak segera mendapat penanganan, maka dapat menyebabkan kebutaan,” ungkap Dr. Martin Hertanto.

Saat disinggung tentang tingkat kesembuhan gangguan mata Retinopati Diabetik, narasumber lainnya,  Dr. Suharko, SpPD-KEMD, Internist JEC Eye Hospitals and Clinics mengungkapkan, saat menangani pasien yang mengalami Retinopatri Diabetik, dirinya secara terus terang selalu mengatakan bahwa komplikasi diabetes ini  tidak bisa di sembuhkan.

Baca juga:  Kementerian PUPR Bangun Infrastruktur Dasar, Berdayakan Tenaga Kerja dan Produk Lokal

“Yang bisa kita lakukan adalah hanya memperlambat proses komplikasi diabetes dengan cara mengendalikan gula yang baik, tekanan darah dan kolesterol secara baik, ini upaya kita untuk mencegah atau memperlambat,” tutur Dr. Suharno.

Karenanya, dia selalu mengingatkan penderita diabetes untuk melakukan kontrol ketat terhadap makanan dan minuman yang dikonsumsi.“Apalagi ini bulan puasa, karena itu yang bisa mengukur berapa  asupan kalori yang dibutuhkan tubuh kita ya diri kita sendiri, karena kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda,” imbuh Dr. Suharko.

Sementara itu, Kadiv Marketing & Komunikasi JEC Eye Hospitals and Clinics, Mubadiyah, S.Psi, MM, kehadiran RS Mata JEC-Candi Semarang adalah bagian upaya JEC untuk semakin mendekatkan diri kepada masyarakat di Semarang

Baca juga:  Laba Bersih bank bjb Tumbuh 15,2 Persen

“Fasilitas di JEC Candi Semarang sama lengkapnya dan canggihnya dengan fasilitas JEC  Jakarta, warga Semarang khususnya dan Jawa Tengah umumnya akan  mendapat pelayanan kesehatan mata yang lengkap, komprnehesif dan modern di Rumah Sakit kami,” jelas Mubadiyah. (sls/bas)

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya