alexametrics

Belanja Online Melesat saat Pandemi Covid-19

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Penjualan produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) secara online, baik secara mandiri maupun melalui marketplace dirasakan melesat sejak memasuki  tatanan kehidupan baru.  Masyarakat masih banyak yang membatasi berbelanja secara konvensional, karena waspada terhadap penyebaran Covid-19. Hal ini berimbas pada kenaikan pengiriman paket barang.

JNE bersama MarkPlus, Inc, berupaya mendorong UMKM  bisa bertahan dalam situasi seperti saat ini.  Keduanya berkolaborasi mengadakan webinar JNE Ngajak Online 2021 bertajuk Goll…Aborasi Bisnis Online 2021. Acara ini diikuti pelaku UMKM di Kota Magelang.

“Kita ingin bantu UMKM mampu bersaing di era digitalisasi bisnis, baik dalam skala nasional bahkan sampai internasional,” kata Head of Regional JNE Jateng dan DIY Marsudi saat membuka webinar, Senin, (12/4/2021).

Baca juga:  Antusiasme Pecinta Sepakbola Dorong Kebangkitan UMKM Bali

Kepala Cabang JNE Magelang Bambang Kristiadi mengatakan pihaknya berupaya menguatkan kolaborasi dengan berbagai pihak. Seperti dengan Pemkot Magelang dan berbagai sponsorship dalam menyelenggarakan pelatihan pemasaran digital. Lalu meluncurkan program menarik dan kemudahan bagi UMKM dalam mengirimkan produk ke pelanggan. Seperti bebas biaya pengambilan paket barang, tanpa jumlah minimal, JLC, bebas ongkos kirim (ongkir), cashback, dan sebagainya.

Owner Fahri Orchid, Fahri Windi Ansori memberi banyak pencerahan bagamana keseruan berbisnis online. Ia berbagi cerita awal merintis bisnis, sampai berkembang pesat. Kunci bisnis online adalah menyajikan foto produk semenarik mungkin. Menonjolkan sisi keindahan produk. Kemudian memastikan bahwa produk yang difoto seperti dengan aslinya. Ini akan meningkatkan kepercayaan konsumen, sehingga bisa menjadi pelanggan tetap.

Baca juga:  Kembangkan Potensi Cokelat Sehat, Tak Bikin Gemuk, Baik untuk Kesehatan Jantung

Pandemi Covid-19 diakui membawa berkah bagi usahanya. Ia mendapat banyak pelanggan baru. Asal mau bergerak membuat inovasi-inovasi untuk mendukung usaha.  Sementara itu, Owner Sanggar Rp8ejeki Tri Agung Setyawan sangat terbantu dengan jasa ekspedisi seperti JNE. Sangat membantunya dalam mengirim barang cobek, dengan biaya yang terjangkau.

Meningkatkan kepercayaan konsumen, dia memberi garansi jika barang mengalami kerusakan. Menghindari hal itu, dia memperhatikan pengemasan agar aman sampai tujuan. Diketahui, Kota Magelang merupakan kota ke-16 dari gelaran webinar JNE Ngajak Online 2021—Goll…Aborasi Bisnis Online 2021. Webinar ini juga diadakan untuk memperingati hari ulang tahun Kota Magelang yang ke-1115 pada Minggu, 11 April 2021. (put/lis)

Baca juga:  BRI Hadirkan Akses Pembiayaan bagi UMKM di Event Karya Kreatif Indonesia 2022

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya