alexametrics

Buruh dan Polda Jateng Bahas Pelayanan BPJS bagi Pekerja

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Asisten Deputi BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) Jateng-DIY Ifkilah memastikan, hingga saat ini, tidak ada perubahan pelayanan BPJS terhadap semua peserta. Termasuk terhadap buruh/pekerja. Meski sempat mencuat isu korupsi senilai Rp 4,3 triliun di BP Jamsostek.

“Peserta tetap dilayani sesuai dengan haknya, apapun yang terjadi. Semua program tetap terlayani dengan baik dan isu tidak ada hubungannya,” ungkap Ifkilah dalam seminar Sinergitas Antar Lembaga Peningkatan Pelayanan BPJS bagi Pekerja yang diselenggarakan BP Jamsostek, Polda Jateng, Kejati, Disnaker dan SPN Jumat (9/4/2021).

Sementara itu, Kepala Bidang Kepengawasan Ketenagakerjaan Disnaker Provinsi Jateng Mumpuniwati mengingatkan perusahaan untuk tidak abai dengan hak pekerjanya, termasuk mendaftarkan pekerja sebagai peserta BP Jamsostek

Baca juga:  Sempurnakan Penampungan Air Warisan TMMD

“Ada sanksi baik pidana maupun administrasi bagi perusahaan yang tidak mendaftarkan pekerjanya, seperti perusahaan sudah memungut iuran BPJS tapi tidak dibayarkan, nah sebetulnya hal seperti ini bisa dipidanakan” tutur Mumpuniwati. Dia meminta pekerja pr aktif melaporkan pelanggaran atas hak-hak pekerja.

Seminar ketenagakerjaan yang diselenggarakan antarlembaga ini menurut AKBP. Elfian Rudi Harmoko sebagai upaya menjembatatani serikat pekerja dengan instansi terkait. “Ini baru pertama kali di adakan,di mana serikat pekerja berdiskusi langsung dengan BPJS, Kejaksaan, Disnaker untuk penyelesaian yang lebih baik,” jelas Elfian. (sls/ton)

 

 

 

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya