alexametrics

SMKN 6 Semarang Gandeng Horison Grup Jalankan Kelas Industri

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SemarangSMKN 6 Semarang menggandeng PT Metropolitan Golden Management (Horison Group) untuk pembelajaran kelas industri. Kerja sama ini merupakan realisasi program Merdeka Belajar.

Kepala SMKN 6 Semarang, Almiati mengatakan, kerja sama akan direalisasikan dalam bentuk penyusunan kurikulum kelas industri. Dilaksanakan pada semester gasal tahun ajaran 2021-2022.

“Kita ingin meningkatkan mutu SDM melalui penyelenggaran pendidikan dengan sistem ganda antara sekolah dan industri,” katanya Kamis (18/3/2021).

Ia menjelaskan, akan ada satu kelas industri jurusan perhotelan dengan 30 siswa. Sebelumnya, siswa akan diseleksi oleh sekolah bersama Horison Group. Tujuannya, mendapatkan siswa yang benar-benar memiliki standart.

Kerja sama yang dilakukan mendidik para siswa SMK sejak awal mereka masuk sekolah. Selama tiga tahun menjalani pembelajaran dengan kurikulum gabungan. Sehingga kompetensi siswa sudah sesuai kebutuhan industri.

Baca juga:  Mahasiswa KKN Undip Rancang Digitalisasi Sistem Database Warga

Direksi PT Metropolitan Golden Management atau Horison Group, Basari Bachri menjelaskan, masih ada celah lulusan SMK dengan kebutuhan industri. Hal ini membuat Horison Grup mencoba memberikan kontribusi agar sertelah lulus, siswa SMK mampu menjadi tenaga kerja yang siap kerja.

“Salah satunya dengan memberikan hal yang praktis. Nantinya akan dikemas dalam bentuk praktik kerja industri selama enam bulan,” tambahnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jawa Tengah, Hari Wuljanto mengatakan, Jateng saat ini mulai menjalankan kebijakan Merdeka Belajar episode kedelapan. Yaitu SMK Pusat Keunggulan.

“Kebijakan awal adalah melakukan revitalisasi SMK untuk peningkatan kualitas dan daya saing SMK. Revitalisasi tersebut terdiri dari empat tahap. Pertama, penyelarasan kurikulum, yang dibuat secara bersama-sama antara SMK dengan industri,” tuturnya.

Baca juga:  Didik Anak, Ibu Juga Harus Pedulikan Diri Sendiri

Selain itu juga menggandeng kerja sama dengan industri. Karena pemerintah tidak mungkin membiayai seluruh SMK di Indonesia yang jumlahnya mencapai 1.600 SMK di Indonesia. (den/zal)

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya