alexametrics


Dewan Sahkan Pansus Dua Raperda Baru Tentang Perseroda dan Perlindungan Anak

Rekomendasi

RADARSEMARANG.ID, Semarang – DPRD Jateng resmi membentuk susunan panitia khusus (Pansus). Yakni, untuk membahas rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang Perubahan Status Badan Usaha Citra Mandiri Jawa Tengah menjadi Perseroda. Serta Raperda Perlindungan Anak.

Wakil Ketua DPRD Jateng, Heri Pudyatmoko menuturkan DPRD Jateng telah sepakat untuk membahas dua raperda tersebut. Maka dari itu, pansus perlu dibentuk agar pembahasan bisa segera dilakukan. “Kami skors rapat paripurna selama 10 menit agar pansus bisa memilih ketua dan wakil ketua,” ujarnya.

Hasil kesepakatan untuk Pansus Raperda Perubahan Status Badan Usaha CMJT Jawa Tengah menjadi Perseroda, Bambang Haryanto terpilih menjadi ketua. Dan Henry Wicaksono sebagai wakilnya. Sementara untuk Pansus Raperda Perlindungan Anak, Tazkiyatul Mutmainah menjadi ketua dengan Yudi Indras Wiendarto sebagai wakilnya.

Terkait Perubahan Status Badan Usaha CMJT Jawa Tengah menjadi Perseroda, Bambang Hariyanto menyatakan perlunya kebijakan restrukturisasi yang sehat agar perusahaan milik Pemprov Jateng tersebut bisa beroperasi secara efisien, akuntabel, transparan, dan profesional. “Harus diikuti parameter untuk menentukan besaran persentase peran dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi sosial masyarakat, meningkatkan permodalan, dan yang lebih konkret adalah seberapa besar kontribusinya terhadap pendapatan asli daerah (PAD),” tandas ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jateng ini.

Tazkiyatul Mutmainah menambahkan, bentuk kekerasan terhadap anak di Provinsi Jateng belum menurun signifikan. Bahkan jenis kekerasan psikis yang dialami oleh anak mengalami kenaikan. Tahun 2019 kekerasan psikis yang dialami anak sejumlah 312 kasus, naik 6 kasus dibanding tahun sebelumnya sejumlah 306 kasus.

“Kami berharap melalui Raperda ini menempatkan isu perlindungan anak sebagai isu prioritas dalam perencanaan pembangunan daerah dengan fokus pada pencegahan,” kata anggota Fraksi PKB DPRD Jateng ini.

Sementara itu, terkait akan dilakukannya pembahasan pada dua raperda tersebut, Wakil Gubernur (Wagub) Jateng, Taj Yasin Maimoen sangat mendukung. Dia berharap agar dalam proses pembahasan dapat berjalan cepat. Dirinya berharap dengan perubahan badan usaha menjadi Perseroda, kinerja dan kesehatan PT CMJT dapat lebih baik. Dengan demikian, dapat memberikan menyediakan jasa yang lebih bermutu kepada masyarakat Jateng sekaligus membantu perekonomian dengan meningkatkan sumbangsih pendapatan asli daerah (PAD) bagi pemerintah.

“Sementara untuk Raperda Perlindungan Anak semoga bisa menjadi landasan hukum untuk melindungi anak yang ada di Jateng agar terpenuhi haknya dan terbebas dari kekerasan serta ancamannya lainnya,” pungkasnya. (akm/adv/ida)

Terbaru

Fadia Baca Semua Aduan Warga

Tempat Ibadah Harus Taat Prokes

Populer

Lainnya