alexametrics

Sambut KIT Batang, Maksimalkan SDM

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Batang – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Batang Nur Faizin mengharapkan semua pihak mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) secara serius dan maksimal. Terutama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang. Dalam menyambut kehadiran proyek strategis nasional berupa Grand Batang City atau Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang.

“Jangan sampai warga Kabupaten Batang jadi penonton di rumah sendiri. Kita harus ikut di dalamnya. Merasakan imbas positif dari proyek tersebut. Apalagi banyak lapangan kerja yang akan dibuka,” kata Nur Faizin kepada Jawa Pos Radar Semarang, Kamis (25/2/2021).

Menurutnya, saat ini adalah momentum demi kemajuan Kabupaten Batang. Dua proyek strategis nasional, yakni KIT Batang dan PLTU 2 x 1.000 mega watt. Bahkan KIT Batang bisa menyerap sampai 300 ribu pekerja. Ini tentu bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat. “Pendapatan asli daerah (PAD) pun akan terdongkrak,” tandasnya.

Baca juga:  Perlu Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi

Faizin menjelaskan, dari pendapatan sebesar Rp 1,7 triliun, sejauh ini PAD Kabupaten Batang hanya 15 persen. Sisanya berasal dari pemerintah pusat. “Makanya, keberadaan kedua proyek strategis nasional ini sebuah keuntungan. Karena Pemkab Batang punya saham 10 persen di KIT Batang,” imbuhnya.

Dengan terdongkraknya PAD, Pemkab Batang juga memiliki tambahan anggaran yang bisa dimaksimalkan. Baik dari segi kesehatan, maupun pendidikan yang semakin terjamin. Sehingga ikut mendongkrak Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

“Imbas dari pembangunan, tentu saja ada plus minusnya. Sisi positifnya bisa mendongkrak pendapatan PAD dan mensejahterakan masyarakat sekitar. Sisi negatifnya, warga sekitar terkena imbas banjir lumpur dari KIT Batang. Tapi Alhamdulillah, sudah ada pertanggungjawaban berupa bantuan bagi warga yang terdampak,” tandasnya. (yan/wan/ida)

Baca juga:  Terus Tingkatkan Keamanan Jalur Bawang-Dieng

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya