alexametrics

Program SMK Mbangun Desa Diapresiasi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Rangkaian kegiatan SMK Mbangun Desa yang digarap serius oleh SMK Muhammadiyah 2 Muntilan diapresiasi anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah Endrianingsih Yunita. Wakil rakyat di Komisi E itu menyebut implementasi program tersebut nyata.

SMK Muhammadiyah memfasilitasi perangkat desa untuk belajar komputer dasar. Kegiatan ini gratis. “Program ini sangat luar biasa,” kata Endrianingsih yang hadir dalam pembukaan pelatihan peningkatan kapasitas information technology (IT) bagi perangkat desa di Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang di aula sekolah setempat Selasa, (1/2/2021).

Selama dirinya berkeliling SMK se-Jawa Tengah, hanya SMK Muhammadiyah 2 Muntilan meluncurkan program SMK Mbangun Desa. Manfaatnya pun meluas. Menyentuh sampai ke lapisan masyarakat, jika pelayanan di tingkat desa memuaskan.  Dia pun berpesan, agar pemerintah desa (pemdes) dapat menggunakan dana desa dengan sebaik mungkin. Desa bisa berkolaborasi dengan SMK Muhammadiyah 2 Muntilan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia.

Baca juga:  Pasca Gempa di Jepara, Pertamina Pastikan Penyaluran BBM Aman 

Camat Muntilan Labbaika Nugroho menyebutkan kemampuan menguasai teknologi menjadi keharusan di zaman modern. Perangkat desa harus mengikuti perubahan dan bisa memberikan pelayanan yang maksimal.

Kepala SMK Muhammadiyah 2 Muntilan Untung Supriyadi menambahkan, SMK Mbangun Desa merupakan program unggulannya. Sasaran program ini tidak hanya perangkat desa, namun juga siswanya. Para siswa dilibatkan menjadi instruktur. Agar keterampilannya terasah, dan tumbuh rasa memiliki desa tempat mereka tinggal. “Karena kita ingin setelah siswa lulus, mereka kembali ke desanya. Membangun desanya dengan potensi-potensi yang ada,” ujarnya. Dengan demikian, masalah penyerapan tenaga kerja lokal teratasi. Pengangguran menurun, desa menjadi lebih maju. (bis/put/lis)

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya