alexametrics

Udinus PTS Terbaik di Jateng Versi Webometric

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang berhasil memastikan diri bertahan di peringkat 1 sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik se-Jateng versi Webometric di periode Januari 2021 ini.

Rektor Udinus Prof Dr Ir Edi Noersasongko M.Kom menjelaskan, sistem pemeringkatan Webometrics menggunakan empat indikator penilaian, yakni Presence, Visibility, Transparency (or Openness) dan Excellence (or Scholar). Komponen Presence dinilai dari jumlah halaman domain web utama sebuah institusi dengan bobot 5 persen. Lalu komponen Visibility dinilai dari jumlah jaringan eksternal yang terhubung ke laman institusi dengan alokasi pembobotan sebesar 50 persen.

Komponen Transparency (or Openness) dinilai dari berapa banyak kutipan dari 110 authors teratas dengan bobot sebesar 10 persen. Kemudian. komponen Excellence dinilai dari jumlah makalah di antara 10 persen teratas yang paling banyak dikutip selama periode lima tahun.

Baca juga:  Teknologi Digital di Sektor Pendidikan Menciptakan Pembelajaran yang Bermakna dan Menyenangkan

“Peringkat Udinus di Webometric secara skala nasional, berhasil naik 4  peringkat. Pada Juli 2020 lalu di peringkat 32, Januari 2021 ini naik menjadi peringkat 28,” jelasnya.

Peringkat tersebut juga membuktikan Udinus mampu menjadi kampus maju yang mampu memanfaatkan teknologi, serta memiliki posisi yang baik di level nasional maupun internasional. “Dengan peringkat yang dikeluarkan Webometric, mengukuhkan kedudukan Udinus sebagai PTS terbaik ke-8 se-Indonesia,” tegasnya.

Prof Edi mengungkapkan bahwa posisi tahun ini, merupakan hasil kerja keras Udinus di segala sektor. “Dengan prestasi ini, kami berharap Udinus menjadi kampus yang terus berkontribusi memajukan pendidikan di Indonesia,” tutupnya.

Webometrics merupakan badan pemeringkatan perguruan tinggi yang diinisiasi oleh perusahaan Cybermetrics Lab. Yakni sebuah kelompok riset yang menjadi bagian dari Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC). Badan riset publik terbesar di Spanyol yang dilakukan sejak tahun 2004. Pemeringkatan yang mereka lakukan, bertujuan mempromosikan open access terhadap pengetahuan yang dihasilkan oleh perguruan tinggi. Tahun ini, terdapat 31 ribu perguruan tinggi di lebih dari 200 negara yang masuk dalam daftar pemeringkatan. (tri/ida)

Baca juga:  Ketua Dewan Ajak Warga Siaga Bencana

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya