alexametrics

Akhir Tahun, Pemkab Demak Borong Penghargaan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Demak – Akhir tahun, Pemkab Demak berhasil meraih sejumlah penghargaan bergengsi dari pemerintah pusat. Dua diantaranya adalah innovative government award dan penghargaa terkait dengan wilayah bebas korupsi (WBK) pada Dinas Penanaman Modal, dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DinPMPTSP).

Plh Bupati Joko Sutanto mengatakan, adanya penghargaan tersebut merupajan anugerah dan berkat kerja keras dan kerja cerdas semua pihak dilingkungan Pemkab Demak. “Ini kita tunjukkan bahwa pelayanan publik makin membaik seiring dengan keterbukaan informasu public. Semua pelayanan menjadi cepat dan mudah,” kata Wabup Joko diruang Bina Praja kemarin. Wabup Joko sementara menjadi pelaksana harian (Plh) Bupati HM Natsir yang sedang sakit.

Baca juga:  DPRD Kabupaten Magelang Dorong Pengembangan Wisata Budaya

Soal pelayanan public itu, dulu banyak aduan yang dinilai tidak memuaskan dari masyarakat. Namun, sekarang aduan tersebut terus berkurang dengan banyaknya inovasi pelayanan publik yang diterapkan Pemkab Demak. “Kita juga bersyukur karena DinPMPTSP mampu meraih WBK,” katanya. Para investor yang hendak mengurus perizinan cukup mendaftar secara online.

Sekda dr Singgih Setyono menambahkan, diraihnya penghargaan dalam pelayanan publik termasuk WBK tersebut menunjukkan prestasi yang luar biasa bagi Pemkab Demak. “Dulu, istilanya satu pintu banyak jendela. Sekarang sudah ada si jempol,” katanya.

Untuk meraih WBK tidak mudah. Sebab, se Indonesia dari 514 kabupaten/kota hanya sekitar 30 an kabupaten/kota yang mampu meraih WBK tersebut dan di Jateng hanya 8 kabupaten/kota termasuk Demak. “Kalau boleh dikatakan kejayaan Demak ya sekarang ini sebagai kabupaten sangat inovatif,” katanya.

Baca juga:  Pembayaran PDAM Dipermudah

Kepala DinPMPTSP, Umar Surya Suksmana mengatakan, diraihnya WBK merupakan perjuangan yang telah lama dijalankan, termasuk bagaimana menerapkan sistem untuk menghilangkan pungutan liar (pungli). “Pemohon perizinan langsung mengurus lewat online yang telah terintegrasi, termasuk dalam pembayaran retribusi,” katanya. (hib/bas)

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya