alexametrics

Bupati Apresiasi Karanganyar sebagai Kecamatan Terbaik

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Demak – Bupati Demak HM Natsir mengapresiasi Kecamatan Karanganyar sebagai kecamatan terbaik dalam transparansi upload data aplikasi Desa Waskita. Termasuk mendorong transparansi pengelolaan keuangan desa melalui aplikasi tersebut.

Menurut bupati, pengelolaan aplikasi tersebut secara transparan dapat memajukan pemerintahan desa. “Kita sambut baik Kecamatan Karanganyar ini mampu mewujudkan desa yang transparan,” tegas bupati di sela kegiatan gelar pengawasan Desa Waskita (Gelas Dewa) di Kantor Kecamatan Karanganyar kemarin.

Inspektor Pemkab Demak Arifendi Kurniawan menyampaikan, Kecamatan Karanganyar dinilai menjadi yang terbaik karena mampu memenuhi standar yang ditetapkan. Seperti, dari sisi perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan hingga pelaporan tiap semester. “Kecamatan Karanganyar raih ranking 1 dengan nilai rata ratanya 67,01,” katanya.

Baca juga:  Tinjau Posko PPKM di Desa Tempuran, Kapolda: Tolong, Pertahankan Status Zona Hijau

Dengan rincian, perencanaan mendapat nilai 91,18, pelaksanaan 74,56, penatausahaan 58,17, dan pelaporan semester I 44,12.

Secara berurutan, setelah Kecamatan Karanganyar, disusul Kecamatan Kebonagung, Mranggen, Karangtengah, Wedung, Gajah, Bonang, Guntur, Mijen, Demak Kota, Sayung, Karangawen, Wonosalam dan Kecamatan Dempet.

“Itupun, jarak nilai antara Kecamatan Karanganyar dibandingkan dengan kecamatan lain, raihan nilainya jauh sekali,” katanya.

Dicontohkan, posisi terbaik kedua adalah Kecamatan Kebonagung. Dari sisi perencanaan, nilainya hanya 62, 14, pelaksanaan 28,57, penatausahaan 1,12 dan pelaporan semester I hanya 10,71. Dengan nilai rata rata 25,64.

“Aplikasi Desa Waskita ini bertujuan untuk mewujudkan transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi dalam pengelolaan keuangan desa se-Kabupaten Demak,”kata Kurniawan.

Tiga prinsip yang dipegang yaitu akuntabilitas, pengawasan dan partisipasi masyarakat. Karena itu, kata dia, pelaksanaan aplikasi itu harus dilengkapi dengan bukti otentik pelaporan keuangan desa.

Baca juga:  Truk Hantam Bus, Satu Tewas, Dua Luka-Luka

Camat Karanganyar Sugianto mengaku senang karena berhasil menjadi yang terbaik dalam kepatuhan pengawasan desa ini. Menurutnya, dari 17 desa yang ada di Kecamatan Karanganyar, semua posisinya warna hijau.  Yang paling hijau atau seratus persen hijau ada lima desa. Yaitu, Desa  Kotakan, Tugu, Kedungwaru Lor, Wonoketingal dan Bandungrejo. “Alhamdulillah, semua desa statusnya sudah hijau. Transparansinya bisa dipertanggungjawabkan,” tandasnya. (hib/zal/bas)

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya