alexametrics

Warga Pekalongan Antusias Swab Test

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pekalongan – Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin mengikuti swab tes gratis di masing-masing kelurahan. Jika sebelumnya, warga banyak yang ketakutan, kini sudah sadar untuk swab mandiri, selain demi kesehatan juga tidak berbiaya.

Muttaqin, warga Podosugih sebelumnya takut, namun memberanikan diri untuk mengikuti tes swab pertama kali. “Demi kesehatan dan keselamatan saya dan keluarga,” ucapnya, Rabu (18/11/2020).

Awalnya dia mengaku sudah pernah tes rapid, walaupun hasilnya nonreaktif tapi tetap mencoba ikut tes swab.

Yang menarik, kata dia, swab test tersebut gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun. Untuk itu, dia mengapresiasi Dinas Kesehatan Kota Pekalongan yang telah memfasilitasinya.

Baca juga:  Pegawai Muslim Kejari Semarang Diimbau Salat Berjamaah di Masjid

Tidak hanya warga Kota Pekalongan yang ikut tes, Dedi asal Kendal juga ikut. Dia mengaku tahu swab gratis dari instagram Pemkot Pekalongan. Dia senang bisa ikut swab test masal gratis. “Ini sangat membantu saya, karena butuh syarat untuk bepergian,” ucapnya.

Dedi juga mengaku meskipun dari luar Kota Pekalongan, untuk syaratnya sangat mudah hanya fotokopi  KTP dan nomor handphone saja. Dia sudah bisa ikut swab test gratis. Kali ini dia ikut tes di Kelurahan Tirto.

Panitia swab tes Puskesmas Tirto, Fatiatul Khasanah menyampaikan, sebanyak 26 dari 43 orang yang mendaftar sudah melakukan tes swab. Kegiatan ini tidak hanya untuk warga Kota Pekalongan, namun juga luar Kota Pekalongan. “Yang paling jauh dari Kendal, siapa saja boleh mendaftar, asal tinggal atau kerja di Kota Pekalongan,” ungkapnya.

Baca juga:  Bagi 1.000 Paket Sembako, Dicurhati Warga

Hasil tes katanya, akan keluar 2-3 hari paling lama satu minggu. Peserta akan dihubungi melalui nomor Whatsapp atau telepon. Untuk hasil tertulisnya bisa ambil langsung di kantor Dinas Kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan Dr Slamet Budiyanto, SKM, MKes mengungkapkan masyarakat dapat memanfaatkan layanan tes swab gratis ini dengan datang ke kelurahan setempat sesuai jadwal, dilayani mulai pukul 09.00-11.00. Boleh untuk warga dari luar kota, asalkan tinggal dan berdomisili di Kota Pekalongan.

Menurut Budi, tingkat animo masyarakat sudah cukup tinggi dengan kesadaran diri mengikuti tes swab perdana itu. Pihaknya akan menggelar tes swab di 27 kelurahan. Pada hari perdana, digelar di Kelurahan Tiro dan Podosugih. “Hari ini ada 75 yang swab test, warga, pegawai dan ASN,” sebutnya.

Baca juga:  Siapkan Rp 30 M Bantu Sembilan Sektor Usaha

Dengan pemeriksaan tes swab ini, lanjut Budi, status kesehatan masyarakat bisa diketahui apakah terpapar Covid-19 atau tidak. Jika terkonfirmasi positif, dilakukan penanganan sejak dini agar tidak menularkan ke orang lain. (han/kom/lis/bas)

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya