alexametrics

Terminal Gunungpati Juara 1 Lomba Terminal Sehat Tingkat Nasional

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Setelah melalui berbagai tahapan penilaian, Terminal Gunungpati Kota Semarang berhasil meraih juara 1 lomba Terminal Sehat tipe C tingkat nasional. Lomba tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan beberapa kementerian lain.

Hasil ini diraih setelah Terminal Gunungpati menyisihkan dua nominator terminal tipe C lain, yaitu terminal Madyopuro, Malang dan terminal Condong Catur, Kabupaten Sleman yang berhasil masuk 3 besar dalam lomba tersebut. Pengumuman pemenang dan penerimaan penghargaan dilaksanakan secara virtual pada Selasa (17/11/2020) pagi.

Usai menerima penghargaan, Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Semarang Tavip Supriyanto mengungkapkan rasa syukurnya. Dia berharap predikat juara 1 nasional yang berhasil disabet Terminal Gunungpati ini dapat mendorong semua pihak supaya pelayanan yang ada di terminal dapat terus ditingkatkan.

“Ke depan, pelayanan yang ada harus semakin baik dan ditingkatkan sesuai dengan protokol kesehatan dan kebiasaan baru new normal, di mana pun dan kapan pun,” ujar Tavip.

Baca juga:  Bank bjb Raih Top 50 Emiten

Dirinya juga berharap bahwa inovasi-inovasi dan pelayanan yang selama ini telah diterapkan oleh Terminal Gunungpati dapat diadaptasi oleh seluruh terminal yang ada di Kota Semarang. Pemerintah Kota Semarang, lanjutnya, akan terus memberikan pelayanan maksimal demi kenyamanan pelayanan transportasi di seluruh wilayah Kota Semarang khususnya di masa pandemi Covid-19 ini.

“Hal itu kita lakukan dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan. Seperti menyediakan tempat cuci tangan, melakukan pengecekan suhu tubuh dengan thermal detector kamera kepada seluruh calon penumpang, petugas terminal, petugas armada serta petugas kantin sehat,” terang Tavip.

Selain itu, dilakukan pula penyemprotan desinfektan secara rutin di seluruh wilayah terminal. Sebagai upaya sterilisasi kawasan dari berbagai kuman dan virus. Tak hanya itu, petugas terminal juga memastikan kebersihan area dengan kerja bakti dan sanitasi terminal, uji emisi armada secara rutin, serta pemanfaatan sampah organik menjadi kompos.

Baca juga:  Bersyukur Rumahnya Direhab TNI

Diperinci Tavip, Terminal Gunungpati juga dilengkapi dengan fasilitas umum yang bersih dan terkelola dengan baik. Seperti wastafel di berbagai sudut lokasi, area toilet yang terpisah, ruang laktasi, ruang layanan kesehatan, ruang isolasi, ruangan untuk merokok secara terpisah, serta menyediakan layanan pembayaran non-tunai dengan kartu maupun dompet digital.

Ditambah lagi, keaktifan penyuluhan kesehatan secara rutin oleh Dinas Kesehatan dan Satgas Covid-19, berupa imbauan protokol kesehatan yang ditampilkan dalam berbagai media, seperti spanduk, banner dan rambu lainnya.

Keberhasilan Terminal Gunungpati meraih juara 1 lomba terminal sehat tingkat nasional tidak terlepas dari peran berbagai pihak. Termasuk salah satunya ide-ide yang dilontarkan ketua Forum Kota Sehat Kota Semarang, Krisseptiana Hendrar Prihadi. Selain itu, juga didukung adanya koordinasi antara OPD terkait khususnya Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan serta kolaborasi dengan Forum Kota Sehat yang intens di dalam ikut melakukan penanganan masalah kesehatan dengan baik.

Baca juga:  Pamerkan Berbagai Koleksi Miniatur Truk dan Bus

“Untuk menurunkan persebaran Covid-19, adalah dengan mengimplementasikan adaptasi kebiasaan baru yang sejalan dengan prinsip Kota Sehat, yaitu Bergerak Bersama untuk menjadikan Waras Wargane, Sehat Kuthone. Dengan masyarakat yang sehat, Insyaa Allah kota Semarang menjadi kota yang lebih nyaman dan aman,” ujar Tia Hendrar Prihadi, sapaan akrab Ketua Forum Kota Sehat Kota Semarang. (bbs/zal/bas)

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya