alexametrics

Ketua DPRD Kendal: Media Harus Menjadi Pendorong Pembangunan Daerah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KendalDPRD Kendal mendorong peran media massa dalam menyampaikan kegiatan para legislator. Memberikan informasi secara akurat dan terkini mengenai hal-hal yang telah dilakukan wakil rakyatnya. Termasuk dalam mengawal pembangunan di Kendal.

Tujuannya, untuk mendorong peningkatan pembangunan yang ada di Kendal. Selain itu media bisa ikut menyosialisasikan hasil produk legislatif, seperti penetapan, peraturan atau kebijakan yang telah disahkan DPRD Kendal.

Demikian dikatakan anggota DPRD Kendal Muhammad Makmun. Menurutnya, perlu ada sinergitas antara DPRD Kendal dengan media. Baik media massa, online maupun elektronik.

“Sehingga kemitraan yang sudah terjalin selama ini bisa membawa dampak positif bagi pembangunan di Kendal. Makanya perlu sinergitas antara jurnalis sebagai awak media dengan DPRD Kendal,” tegasnya di sela media gathering yang digelar di V Hotel, Bandung, Sabtu (14/11/2020).

Baca juga:  Bagikan Tas untuk Siswa SD

Kerja sama dengan media ini sebagai pemberdayaan peran. Sehingga bisa saling menguntungkan antara media dengan DPRD Kendal. Menurutnya, peran media massa sangat dibutuhkan. Yakni sebagai sarana penyampai pesan kepada masyarakat. “Tanpa media apa yang sudah dilakukan dan dilaksanakan DPRD Kendal tidak mungkin sampai ke masyarakat,” tuturnya.

Dikatakan Politisi PKB itu, dengan media gathering ini diharapkan muncul visi bersama. Yakni bersama mengawal pembangunan di Kendal. Sehingga bisa terjalin kekompakan antara anggota dewan dan awak media.

“Peran dan fungsi DPRD tidak lepas dari dukungan media dalam menyampaikan apa yang menjadi tugas dan kewenangan dewan,” imbuhnya.

Kasubag Humas dan Protokol DPRD Kota Bandung Dayat Rudiatna menyampaikan, kemajuan pembangunan suatu daerah tidak bisa lepas dari peran media. Contohnya, yang terjadi di Bandung, DPRD bekerja sama dengan lebih dari 200 awak media. Yakni untuk mendorong terciptanya taman-taman kota di Bandung.

Baca juga:  Tim Terpadu Percepat Penanganan Laka Lantas Kabupaten Semarang

Ide tersebut berangkat dari semakin padatnya Kota Bandung. Sehingga taman-taman kota tidak diperhatikan dan hilang. Hal itu menyebabkan anak-anak terancam kehilangan tempat bermain.

DPRD Kota Bandung kemudian bekerja sama dengan media untuk mendorong Pemkot Bandung membuat taman-taman kota. “Taman tidak terlalu besar, lahan sekecil apapun bisa kami manfaatkan sebagai taman,” tandasnya.

Dari situ lah muncul berbagai inovasi pembuatan taman-taman di Kota Bandung. “Memang peran media sangat penting untuk mendorong pembangunan suatu daerah,” tambahnya.

Sementara itu salah satu jurnalis Kendal yang kerap bertugas di DPRD Kendal, Setiawan  mengatakan, sinergitas antara insan pers dan DPRD ini bisa sama-sama menguntungkan. “DPRD Kendal harus bisa lebih selektif dalam memanfaatkan media dan memilah media. Dalam arti media yang benar-benar sudah terverifikasi faktual oleh Dewan Pers,” katanya. (adv/bud/zal/bas)

Baca juga:  Dulu Layani Pabrik Gula, Kini Tersisa Fondasi Jembatan

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya