alexametrics

Dinarpus Serius Meningkatan Indeks Literasi Masyarakat

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pekalongan – Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Dinarpus) Kota Pekalongan serius meningkatkan indeks literasi masyarakatnya. Untuk itu, pihaknya bekerjasama dengan Perpustakaan Nasional RI, selain menggelar seminar juga memperoleh bantuan mobil perpustakaan keliling.

Plt Kepala Dinarpus Kota Pekalongan Erli Nufiati SE menjelaskan, pihaknya bersyukur bisa bekerjasama langsung dengan Perpusnas RI. Karena bisa mendorong peningkatan budaya literasi di seluruh kalangan masyarakat di Kota Pekalongan.

Kegiatan yang mereka lakukan untuk mengoptimalkan kinerja kegiatan pemasyarakatan dan promosi pendayagunaan perpustakaan dan pentingnya kegemaran membaca bagi masyarakat melalui kegiatan-kegiatan penting dan strategis. “Alhamdulillah kami mendapat ilmu yang bermanfaat dan bantuan mobil perpus keliling,” terang Erli Senin (16/11/2020).

Baca juga:  DPC Gerindra Kota Semarang Terima Hibah Ambulans

Diungkapkan, saat ini mobil bantuan masih dalam modifikasi, karena masih berbentuk mobil standar. Karena akan digunakan untuk perpustakaan keliling harus disesuaikan, agar lebih layak dan aman saat bertugas. “Semoga akhir bulan mobil keliling bantuan Perpusnas sudah bisa digunakan,” ucapnya.

Salah satu cara untuk meningkatkan indeks literasi, menurut Erli, dengan mewujudkan kondisi perpustakaan sebagai wahana belajar mandiri yang lebih baik dan nyaman. Serta rajin menggalakkan gerakan gemar membaca melalui pemberdayaan perpustakaan baik di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat maupun pemerintah.

Sebelumnya, pada Jumat (13/11/2020) lalu, Dinarpus menggelar pertemuan bertajuk Inovasi dan Kreativitas Pustakawan dalam Penguatan Indeks Literasi Masyarakat untuk Mewujudkan SDM Unggul Menuju Indonesia Maju di Ruang Amarta Setda Kota Pekalongan. Turut hadir, Kepala Perpustakaan Nasional Drs Muhammad Syarif Bando MM, Kepala Perpustakaan Jawa Tengah Priyo Anggoro, Sekda Kota Pekalongan Hj Sri Ruminingsih SE MSi, dan Wakil MPR RI Arsul Sani. Kegiatan ini sekaligus penyerahan hibah mobil keliling perpustakaan oleh Perpusnas RI atas rekomendasi Wakil MPR RI, Asrul Sani. (han/kom/ton/bas)

Baca juga:  Tagih Rencana Pembangunan Sport Center

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya